Ticker

6/recent/ticker-posts

Indonesia Masuk Masa Transisi Dari Pandemi Menjadi Endemi

Kabarposnews.co.id.Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers Perpanjangan PPKM secara virtual memaparkan, rencana pemerintah supaya Indonesia dapat masuk masa transisi dari pandemi menjadi endemi. Dari sisi hulu yaitu mengintensifkan vaksinasi pada bulan ini sampai Oktober 2021 menjadi sebanyak 2,5 juta suntikan per hari, mendisiplinkan 3M, mengakselerasi testing dan tracing. 

Serta mengintensifkan screening PeduliLindungi dan rumah masyarakat juga harus memiliki ventilasi yang baik. Sebaliknya, di sisi hilir akan meningkatkan kapasitas rumah sakit menyediakan tenaga kesehatan yang cukup dan mengamankan ketersediaan oksigen dan obat-obatan.

"Untuk bisa masuk kondisi transisi dari pandemi ke endemi, maka prasyarat yang sudah harus dipenuhi yaitu Fatality Rate ± 2% setara rata-rata global, Kasus Aktif ≤100 ribu, Positivity Rate ≤5%, Kasus Baru ≤5,000, dan BOR ≤40%," jelas Airlangga yang akrab dipanggil Paman AHA ini.

Sejatinya, beda pandemi dan endemi adalah sebagai berikut. Endemi adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik di wilayah tertentu, misalnya penyakit malaria di Papua. Penyakit ini akan selalu ada di daerah tersebut, namun dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah.

Sementara pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi serempak dimana-mana, meliputi daerah geografis yang luas (seluruh negara/benua). Dengan kata lain, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama bagi seluruh warga dunia.

 Sumber [KONTAN.CO.ID]
Editor Redaksi

Dilihat