Ticker

6/recent/ticker-posts

Direktur Poltas: Membangun Harus Berbasis Data


KABARPOSNEWS.CO.ID.ACEH.- Data memiliki arti yang sangat penting dalam pembangunan oleh sebab itu kesadaran akan pentingnya keakuratan dan kelengkapan data untuk keperluan perencanaan pembangunan harus menjadi perhatian kita semua. 

Menurut Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, salah satu kendala yang menjadikan hasil perencanaan pembangunan tidak efektif dan efesien bahkan terkesan tidak tepat sasaran adalah karena kesadaran pentingnya membangun berbasis data belum menjadi perhatian yang serius. 

“kita masih menemukan bentuk data yang belum terintegrasi, berbeda-beda tergantung instansi dan kepentingan, tumpang tindih, dan belum realtime. Selain itu data kita belum berkualitas, belum memenuhi standar, masih sangat sektoral, sistem pengelolaan yang tidak jelas dan sulit diakses”, ungkap Yasar. 

Hal ini disampaikan Yasar dalam Workshop Pengintegrasian Data Dasawisma Dalam Kegiatan PKK yang diselenggarakan oleh TP PKK Aceh, di Blangpidie (29/10/2021). 

Melalui paparannya dengan judul Data Berkualitas Dalam Pembangunan Berbasis Gampong, Yasar yang merupakan Dosen Tetap Teknik Pertanian Universitas Syiah Kuala menilai bahwa dalam hal ini, peran dan fungsi Dasawisma dapat dioptimalkan. 

Partisipasi Dasawisma dalam memperkuat basis data di gampong atau desa dapat menjadi sumber data paling akurat karena bersifat realtime, detail dan bukan sampling. Tinggal diperkuat saja sistem databasenya maka data-data tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengambilan kebijakan publik atau pengambilan keputusan lainnya. 

Workshop yang diselenggarakan oleh TP PKK Aceh ini diikuti oleh 60 orang peserta yang merupakan kader Dasawisma dari Kabupaten Aceh Selatan dan Kabupaten Aceh Barat Daya. Turut hadir sebagai narasumber Hasanuddin, S.Sos, MM., Handayani Kurniasih, ST., M.Ed dan Dr. Asmawati Husaini, MA.

Editor Redaksi
Penulis : MSR