Ticker

6/recent/ticker-posts

DLH Kota Bogor Hibahkan Satu Kelurahan Satu Motor Sampah

Kabarposnews
Co.id.Keterbatasan sarana prasarana di wilayah masih menjadi kendala dalam pengumpulan sampah, kendala tersebut direspon cepat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor. Melalui APBD Kota Bogor, DLH mengalokasikan 68 Motor Sampah (Mosam) yang siap dibagikan ke setiap kelurahan.

Penyerahan Mosam secara simbolis diserahkan Wali Kota Bogor, Bima Arya kepada enam camat  di Teras Balai Kota, Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Selasa (19/10/2021).

"Tahun ini kami mengalokasikan masing-masing kelurahan satu Mosam," ujar Kepala DLH Kota Bogor, Deni Wismanto.

Deni mengatakan, pemberian satu Mosam satu kelurahan ini untuk meningkatkan cakupan layanan pengumpulan sampah di wilayah. Mengingat ada wilayah-wilayah yang tidak bisa di cover armada truk atau roda empat. Untuk itu, Mosam ini sangat dibutuhkan wilayah dalam mengangkut sampah untuk kemudian dikumpulkan ke TPS atau diolah di TPS 3R.

"RW yang membutuhkan Mosam bisa bergantian pakai Mosam, teknisnya akan diatur kelurahan. Insya Allah minggu depan Mosam sudah kami distribusikan serentak ke kantor kelurahan," sebut Deni.

Sementara itu, Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh mengatakan, pihaknya mengapresiasi bantuan hibah motor sampah dari DLH ke 68 kelurahan se-Kota Bogor. Motor sampah ini menjadi moda penting sebagai upaya untuk mengangkut dan mengurai sampah di titik dalam wilayah yang tidak bisa dilalui roda empat. Mosam yang nantinya akan ditaruh di kantor kelurahan ini bisa digunakan semua RW di satu kelurahan sehingga diharapkan ke depan wilayah bisa terbebas dari tumpukan sampah. 

“Tadi baru simbolis penyerahan dari Wali Kota ke Camat. Kalau sudah ada di kelurahan bisa langsung dimanfaatkan warga mengangkut sampah,” katanya.

Editor Redaksi