Ticker

6/recent/ticker-posts

Kelurahan Empang Dinilai, Optimis Jadi Juara PKK Tingkat Provinsi


Kabarposnews.co.id.Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Tim Penggerak PKK Kota Bogor menerima Tim Penilai Re-checking lima lomba PKK tingkat Provinsi Jawa Barat di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Selasa (26/10/2021).

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat, Lina Marlina beserta tim diterima langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya sebelum melakukan kunjungan langsung ke Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

"PKK di Kota Bogor itu sangat luar biasa, teruji di masa Pandemi. Ketika di awal-awal Pandemi semuanya masih bingung mau berbuat apa, PKK sudah membuat gerakan sejuta masker kain," ujar Bima Arya.

Kemudian, lanjut Bima, ketika warga Kota Bogor tidak semua mendapatkan bansos atau bantuan sosial dan Pemkot Bogor mendesain program Keluarga Asuh, PKK menjadi yang terdepan bersama dinas untuk verifikasi keluarga yang layak menerima bantuan. Ketika juga dihadapkan pada PR besar menuntaskan vaksinasi, PKK berada di garis depan berkolaborasi dengan semua mempercepat vaksinasi di Kota Bogor.

"Sekarang vaksin Kota Bogor sudah 86 persen menuju 90 persen, semakin mendekati target yang ingin dicapai," sebutnya.

Pemkot Bogor mendorong Kelurahan Empang yang selama ini dikenal memiliki semangat kolaborasi dan inovasi dengan seluruh unsur masyarakat, pengusaha, dunia pendidikan dan juga media.

"Dan hal yang kita lihat paling inspiratif yakni kegiatan di Empang ini saling terintegrasi antara dasa wisma dengan semua pokja, didorong lansia, remaja, kader posyandu dan dinas. Mudah-mudahan kegiatan berjalan lancar dan mendapatkan hasil maksimal," harapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Empang, Ise Sa'adah mengatakan, ada 21 inovasi TP PKK Kota Bogor. Di antara inovasi di program kelembagaan yakni Silih Asih Dasa Wisma Kreatif (Sidak), Keluarga Sehat di Masa Pandemi (Kelas Mami) dan Damar Vaksin yakni kegiatan keliling bersama kader agar masyarakat sadar vaksin dan melaksanakan vaksin untuk melawan pandemi.

"Inovasi ini sebenarnya sudah berjalan cukup lama, namun di masa pandemi kegiatannya dikembangkan dan disesuaikan berupa membantu penanganan warga yang terdampak," ujarnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bogor Selatan, Yunita Rahmawati mengatakan, pihaknya optimistis Kelurahan Empang bisa menjadi juara di tingkat Provinsi Jawa Barat. Mengingat hampir setiap tahun Kelurahan di Kecamatan Bogor Selatan langganan masuk ke tingkat Provinsi Jawa Barat. 

"Keunggulan kami koordinasi dan kolaborasi. Pemberdayaan seutuhnya, benar-benar kita memberdayakan warga, memberikan motivasi untuk lebih berdaya dan berkembang, karena khas dari Empang itu guyub dan ini jadi modal dasarnya dari lima lomba PKK," katanya menambahkan.
Editor Redaksi