Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab Pijay Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Mantan Kapolda GAM Baca Teks Pancasila

Kabarposnesw.co.id - Pemkab Pidie Jaya menggelar peringatan hari kesaktian pancasila 1 Oktober 2021 dengan sederhana dan khidmat di halaman kantor bupati setempat, Jumat, (1/10/2021).

kegiatan hari Sakti Pancasila dimaksud dikuti oleh Bupati, Dandim, Kapolres, Kajari, TNI-Polri dan seluruh SKPK di kabupaten setempat.
 
Bupati Pidie Jaya, H.Aiyub Abbas yang juga mantan Kapolda GAM ikut membacakan teks pancasila pada perayaan hari kesaktian pancasila.

Sementara Ikrar Kesaktian Pancasila yang ditandatangani oleh Ketua DPR-RI DR. (HC) Puan Maharani, turut dibacakan oleh, Ketua DPRK Pidie Jaya, Abdul Kadir Jailaini, yang juga mantan Wakil Panglima GAM Wilayah IV Japakeh.
Berikut petikan teks ikrar kesaktian pancasila: "Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:
Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;
Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;
Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Jakarta, 1 Oktober 2021
Atas Nama Bangsa Indonesia
Ketua DPR RI,
Dr. (H.C.) Puan Maharani.

Sementara kepala Kesbangpol linmas Pidie Jaya, Jalil Samidan kepada kabarpos menyebutkan, kegiatan peringatan hari kesaktian pancasila tersebut bisa dilakukan secara manual tanpa secara virtual karena kabupaten Pidie Jaya masih dalam kategori zona level 2.(*)

Editor : Redaksi