Ticker

6/recent/ticker-posts

Danrem 061/Sk Di Dampingi Rektor IPB Membuka Secara Resmi Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Pertanian Bagi Babinsa



Kabarposnews.co.id.Bogor, Kasdam Ill/Slw  Brigjen TNI Darmono Susastro S.I.P. diwakili oleh Danrem 061/Sk Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. Resmi  membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Dibidang Pertanian Bagi Babinsa Kodam III/Siliwangi Tahun 2021, yang digelar di . Selasa (9/11).

Dalam sambutan Kasdam lll/Slw yang dibacakan oleh Danrem 061/Sk menyampaikan bahwa kegiatan tersebut yaitu salah satu upaya Kodam III/Siliwangi dalam membekali para Babinsa melalui peningkatan kapasitas SDM pariwisata di bidang pertanian khususnya para Babinsa jajaran Kodam III/Siliwangi yang akan memasuki purna tugas. Selama mengikuti pelatihan ini para Babinsa akan mendapatkan materi terkait dengan budidaya hidroponik dalam greenhouse sayuran organik buah jambu kristal dan tanaman pangan, apabila materi-materi tersebut dapat diserap dipahami dan dimengerti oleh para peserta pelatihan maka dapat dipastikan para Babinsa yang memasuki purna tugas akan mampu menjadikannya sebagai peluang usaha. 

" Kepada para peserta pelatihan saya tekankan agar mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Ingatlah bahwa kesempatan seperti ini tidak akan datang dua kali sehingga tidak ada alasan lain kecuali para Babinsa selama 5 hari ini mencurahkan segenap hati dan pikiran untuk menggali semua materi yang akan disampaikan oleh para pelatih dan instruktur dari IPB Bogor yang sudah berpengalaman di bidang pertanian." Ujar Danrem.

Lebih lanjut Kasdam menyampaikan, dengan kemampuan yang dimiliki peserta nantinya, dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia dan memotivasi petani untuk bertani dengan sistem yang baru atau modern. Kemampuan yang sudah dimiliki  dalam diklat tersebut, harus ditransfer kepada para petani sehingga produksi panen bisa  meningkat. Di samping untuk meningkatkan produksi pangan dalam jangka waktu 3 Tahun ke depan, kegiatan ini merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat serta komponen Bangsa lainnya. Dengan memelihara rasa kebersamaan dan semangat persatuan dan kesatuan sehingga tercipta kemanunggalan yang kokoh dan abadi.

Danrem juga menjelaskan bahwa materi pada pelatihan ini akan disampaikan oleh para pelatih dan instruktur dari IPB Bogor yang sudah berpengalaman di bidang pertanian selama berada di tempat pelatihan ini para peserta pelatihan harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dalam peran yang berlaku di Agribisnis Dan Teknologi Park (ATP) IPB Bogor.

Di akhir sambutannya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada rektor IPB beserta jajarannya khususnya pihak ATP Bogor yang telah memberikan kesempatan kepada para Babinsa jajaran Kodam III/Siliwangi untuk mengikuti pelatihan peningkatan SDM di bidang pertanian semoga kerjasama dalam menyelenggarakan pelatihan di bidang pertanian semacam ini dapat terus terselenggara bagi prajurit dan PNS Kodam III/Siliwangi yang akan memasuki purna tugas di masa yang akan datang. Dan semoga Diklat ini bisa bermanfaat bagi petani dalam meningkatkan produksi pertanian. 

Kasdam lll/Slw juga menekankan kepada seluruh Babinsa agar mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat, sehingga dapat menyerap semua materi pelatihan  dengan baik dan ilmu yang didapatkan bisa menjadi bekal dalam memberikan pendampingan kepada para petani di lapangan yang sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor IPB Bogor, kemudian Para instruktur dan pelatih peningkatan SDM pertanian dari PBB Bogor para pejabat dan Perwira jajaran Kodam III/Siliwangi para Babinsa peserta pelatihan, Dandim 0606/Kota Bogor, dan Dandim 0621/Kab Bogor



Sumber: Penrem 061/SK
Editor Redaksi