Ticker

6/recent/ticker-posts

Giat Ngariung Pancakarsa PokjaMengangkat Tema Peran DPMD Kab.Bogor Dalam Capaian Pancakarsa


Bogor, kabarposnews. co. id-Kelompok Kerja (Pokja) wartawan Kab. Bogor, kembali menggelar kegiatan Ngariung Pancakarsa,  mengusung tema, "PERAN DPMD KAB. BOGOR DALAM CAPAIAN PANCAKARSA."

Pada kegiatan Ngariung Pancakarsa kali ini,  Pokja menghadirkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kab.Bogor Renaldi Yushab Fiansyah, S. Sos, bertempat di Aula Diskominfo Kab.Bogor, Kamis (25/11/2021).

Dalam pemaparannya Renaldi Yushab menyampaikan, peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yang berkaitan program Pancakarsa Pemkab.Bogor yakni karsa membangun dan Karsa maju.
DPMD Kabupaten Bogor dalam rangka penjabaran dan pelaksanaan tentang Karsa Membangun diantaranya melaksanakan kegiatan program Satu Milyar Satu Desa (SAMISADE) yang dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan insfratruktur di desa, ujar Renaldi.

"Program Samisade Pemerintah Kabupaten Bogor merupakan akomodir dari potret kegiatan  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat desa, karena setiap kegiatan musrembang  tingkat desa begitu banyak usulan tentang pembangunan infrastruktur dari  masyarakat."

Renaldi Yushab Fiansyah S.sos menjelaskan, program samisade Pemkab.Bogor, selain untukmempercepat pembangunan infrastruktur tingkat desa, juga diharapkan dapat menghilangkan kesenjangan antar desa. 
Sedangkan mengenai program Pancakarsa tentang Karsa Maju, DPMD Kabupaten Bogor mendorong agar di Kabupaten Bogor tidak ada lagi kategori desa tertinggal,  data pada tahun 2020, di Kabupaten Bogor masih terdapat 4 desa tertinggal,  saat ini berdasarkan realease dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada bulan juni 2021 di Kabupaten Bogor tidak ada lagi kategori desa tertinggal, dengan rincian kategori desa mandiri berjumlah 48 desa, kategori desa maju berjumlah 188 desa, kategori desa berkembang berjumlah 180 desa, Ujar Renaldi.(Rossa).
Editor Redaksi