Ticker

6/recent/ticker-posts

Jelang WSBK, Dandim Loteng Imbau Masyarakat Jaga Kondusifitas Dan Kearifan Lokal


Kabarposnews.co.id.Lombok Tengah - Menjelang event MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) Indonesia 2021 yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam waktu dekat ini, Dandim Loteng menghimbau khususnya kepada masyarakat Lombok Tengah, agar terus memupuk kearifan lokal, namun tetap menjaga kondusifitas wilayah. 

Selain itu, masyarakat juga di minta untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 masih terjadi.

Hal itu dilakukan agar dalam pelaksanaan ajang internasional di Sirkuit Mandalika dapat berjalan tertib, aman dan lancar.

Komandan Kodim (Dandim) 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., mengatakan Selain memberikan dampak di sektor ekonomi, kehadiran Sirkuit Mandalika juga bisa memberikan efek positif bagi kebudayaan lokal.

"Adanya Sirkuit di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Lombok Tengah, NTB, diyakini bisa memberi dampak kemajuan ekonomi masyarakat serta keberadaan budaya Lokal," ujar Dandim, saat memberi arahan di Makodim JL. Gajahmada Kecamatan Praya, Lombok Tengah, Senin (15/11/21).

Pembangunan sirkuit Mandalika juga pasti membawa manfaat bagi semua pihak, khususnya bagi masyarakat setempat.

Oleh karenanya, Letkol inf. I Putu Tangkas yang merupakan orang nomor satu di Lombok Tengah jajaran baju loreng ini menuturkan, 
masyarakat harus optimis dan ikut mendukung event tersebut.

"Kearifan lokal masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah, harus bisa memberikan bukti yang mumpuni dalam menjaga persatuan dan kesatuan, sebagai alat pemersatu bangsa kita yang majemuk," kata Dia.

Menurut Dandim, identitas bangsa Indonesia yaitu kearifan lokalnya yang dikenal memiliki peradaban, kultur, bahasa, yang ditemukan dalam lokal dan ciri masing-masing daerah. 

Artinya, dengan saling menghormati dan menjunjung tinggi kearifan lokal, masyarakat otomatis telah memperkuat persatuan bangsa.

Lebih lanjut, Komandan Kodim mengingatkan masyarakat Lombok Tengah harus saling tolong menolong dan senantiasa bekerja sama dengan segenap elemen yang ada untuk menciptakan kondusifitas keamaan wilayah.

Dirinya menilai kondusifitas akan terwujud dan selalu terjaga apabila seseorang tidak melakukan langkah-langkah yang keliru dan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban.

"Mari kita semua bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan serta persaudaraan kita sebagai bangsa yang besar dalam hal kebaikan. Aparat TNI/Polri juga akan selalu siap mengawal serta mencari solusi dari etiap permasalahan, sehingga tercipta kondusifitas di wilayah Kabupaten Lombok Tengah ini," tegas Dandim.

Sepanjang periode pandemik Corona, Dandim juga terus mengedukasi warga Lombok Tengah dengan harapan agar setiap orang lebih mengedepankan nurani kemanusiaan. 

Masyarakat diharapkan dapat mematuhi kebijakan pemerintah dalam menangani Covid-19 guna mencegah dan menangkal penyebaran virus di semua wilayah
Editor Redaksi