Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa Universitas Mercubuana Gelar Workshop UMKM Go Digital Bersama Komunitas UMKM

Kabarposnews.co.id.BekasiDalam rangka mendukung UMKM maju digital, Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Public Relations Universitas Mercu Buana menyelenggarakan kegiatan Workshop dengan mengusung tema “UMKM Go Digital Kiat Berkomunikasi dengan Khalayak di Media Sosial.” bersama Anggota Komunitas UMKM Pondok Melati.

Kegiatan ini di ketuai oleh Putri Salsabilla Yulianto dengan dua orang anggotanya yaitu Annisa Delalenia dan Diah Astika Putri. Kegiatan ini juga diawasi oleh Ibu  Alifiah Ghaniyyu Widyaningrum, S.Ikom, M.Ikom dan Ibu Martina Shalaty Putri Pane, M.Si selaku dosen pembimbing Tugas Akhir Peduli Negeri.

Kegiatan Workshop ini diselenggarakan selama tiga hari dengan tujuan untuk menjadi saran dalam mengedukasi serta meningkatkan keterampilan bagi pelaku UMKM, agar mereka siap menjadi UMKM Go Digital yang dapat berkomunikasi dengan stakeholder-nya, audiensnya, dan memperkenalkan produknya melalui media sosial dengan menggunakan strategi. 

Pada kegiatan pertama, Selasa tgl 7 /12/2021 yang lalu, melalui online dengan topik materi yang dibahas yakni “Cyber Public Relations, Tools Cyber PR dan Teknis Penulisan Copywriting.” Selanjutnya, kegiatan kedua, pada rabu tgl 8/ 12/2021 yang lalu, melalui online dengan topik materi yang dibahas yakni “Teknis Foto Produk, Konten Digital dan Desain Canva.” 
Puncak  kegiatan  ketiga, pada Kamis tgl 09/12/2021 yang lalu,  diselenggarakan secara offline dengan beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu Praktik Foto produk, Membuat Penulisan Copywriting dan Desain Canva yang bertempatan di Aula Kecamatan Pondok Melati yang terletak di Jl. Bulak Tinggi Rata No.77, RT.009/RW.016, Jatiwarna, Kec. Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Meski dilaksanakan secara online dan juga offline baik panitia maupun peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, bahkan banyak peserta yang memberikan respon positif terhadap kegiatan ini.

“Kegiatan Workshop dari hari pertama sampai ketiga ini berlangsung sangat seru karena antusias mitra Komunitas UMKM Pondok Melati yang aktif  sekali dalam bertanya, membuat 1 konten yang kemudian mereka buatkan caption-nya sendiri, dan dilanjut publikasi ke akun Instagram bisnis,” ujar Ketua Pelaksana Kegiatan, Putri Salsabilla Yulianto.

 “Banyak sekali ilmu yang kami dapat dalam kegiatan workshop yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari belajar copywriting, foto produk dan juga mendesain konten. Kami sangat berterima kasih kepada para Mahasiswa Universitas Mercu Buana dan semoga acara ini dapat terus terjalin antara Mahasiswa dengan UMKM.” Ujar salah satu peserta Workshop yaitu Dian Rivian Kustia, SE selaku Bendahara di Komunitas UMKM Pondok Melati.


Peserta Workshop lainnya, Dhani yang memiliki usaha makanan kue mengatakan dengan adanya kegiatan Workshop ini diharapkan dapat menjadi acuan dan membantu Pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan usahanya serta meningkatkan komunikasi dengan khalayak di sosial media terkhususnya di platform Instagram."katanya.

Ia menambahkan, Ilmu yang kami dapat luar biasa banyak sekali. Saya berharap terutama untuk UMKM UMKM Pondok Melati kita bisa lebih mengembangkan usaha kita dengan apa yang sudah kita pelajari serta praktikan selama Workshop ini dan juga untuk teman-teman UMKM yang lain, saya rasa Workshop ini sangat bagus sekali." Pungkasnya.( Vid/red)
Editor Redaksi