Ticker

6/recent/ticker-posts

Hari Amal Bakti, ke-76 Kemenag Lakukan Transformasi Layanan Umat


Kabarposnews.co.id.Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor menggelar upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Tingkat Kota Bogor di plaza Masjid Raya Bogor, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Senin (3/1/2022). 
Upacara dipimpin langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya yang diikuti puluhan ASN Kemenag Kota Bogor.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, sejak dibentuk 3 Januari 1946 sampai hari ini, Kemenag terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

"Hari Amal Bakti menjadi kick off pelaksanaan program tahun berjalan. Kementerian Agama juga hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama," ujarnya.

Hal ini dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 persen pada 2020 menjadi 83,92 persen pada 2021, Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula di 2020 sebesar 67,46 persen menjadi sebesar 72,39 persen pada  2021 serta Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 persen pada 2019 menjadi 78,90 persen pada 2021.

"Kementerian Agama juga menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya," kata Bima Arya.

Ia menerangkan, dari perspektif tata kelola keuangan, Kemenag juga mampu mempertahankan prestasinya. Kemenag kembali meraih opini Wajar Tanpa 
Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak 2016.

"Jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yakni Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, 
dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi selaku ASN Kementerian Agama," tegasnya.

Dia menyatakan percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, ASN Kemenag akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Apa yang kemudian menjadi tagline Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kemenag, yakni Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. 

"Transformasi ini meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat," katanya.
Editor Redaksi

Dilihat