Ticker

6/recent/ticker-posts

Haru, Prajurit Korem 143/HO Antar Brigjen TNI Jannie A. Siahaan

Kabarposnews.Kendari – Dalam acara lepas sambut yang berlangsung di Makorem 143/HO, Brigjen TNI Jannie A. Siahaan kepada  Brigjen TNI Yufti Senjaya diwarnai dengan keharuan para prajurit, PNS dan para istri prajurit.

Hal itu disampaikan Plh Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail dalam rilisnya, Kendari, Sultra, Jumat (7/1/2022).

Disampaikan Rusmin, acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danrem 143/HO dari Brigjen TNI Jannie A. Siahaan kepada Brigjen TNI Yufti Senjaya telah dilaksanakan di Balai Prajurit M. Yusuf, Makassar, Sulsel.

"Acara Sertijab berlangsung kemarin (Kamis, 6/1/2022) dipimpin Pangdam XIV/Hsn, Mayjen TNI Moch. Syafei Kasno dan dihadiri para pejabat teras Kodam serta Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin,"ujar Rusmin

"Hari ini, di Makorem kita laksanakan acara tradisi lepas sambut pejabat lama dan baru. Kemudian, besok (Sabtu, 8/1/2022) akan diacarakan lepas sambut di Rujab Gubernur Sultra bersama Forkompimda,"imbuhnya.

Terkait Sertijab itu, Rusmin sampaikan, sebagaimana dalam sambutan Pangdam XIV/Hsn dalam acara Sertijab di Makassar bahwa pergantian jabatan Danrem 143/HO merupakan bagian dari pola pembinaan karir Perwira. 

"Dengan harapan agar, perwira yang bersangkutan dapat mengembangkan seni kepemimpinannya dalam berbagai jabatan yang bervariasi, menambah wawasan kemampuan manajerial dan profesionalitas keprajuritan,"ulas Rusmin mengutip penyampaian Mayjen TNI Moch. Syafei Kasno saat sambutannya kemarin.

Seperti halnya Brigjen TNI Jannie A. Siahaan, lanjutnya, untuk nantinya menduduki jabatan strategis yang lebih tinggi harus melalui penugasan dalam jabatan lainnya yang akan menunjang karir beliau.

"Pengalaman tugas beliau semakin lengkap setelah nanti ditugaskan di lembaga pendidikan (Lemdik) Seskoad yaitu sebagai Widyaiswara Bidang Strategis dan Kawasan,"tegas Rusmin.

"Saat ini, jabatan Widyaiswara Seskoad di Bandung merupakan jabatan strategis. Di sana banyak mantan Danrem yang dianggap sukses dan tentunya mereka diharapkan dapat meneruskan ilmu kepemimpinan kepada para Siswa Seskoad, yang merupakan kader pimpinan TNI AD,"terang dia.

Apalagi, kata Rusmin kemudian, pengalaman tugas Brigjen TNI Jannie A. Siahaan sebelumnya banyak berhubungan dengan militer luar negeri, seperti di Filipina, Amerika Serikat dan di Mabesad selaku Paban Kerjasama Militer Sopsad.

"Selain mendidik para calon pemimpin TNI AD di masa yang akan datang, Seskoad juga merupakan lembaga kajian strategis TNI AD yang bisa memberikan saran masukan strategis bagi Kasad,"terang Rusmin.

Lanjut dikatakannya, amanah jabatan sebagai Widyaiswara Seskoad akan menjadi tantangan dan peluang bagi Brigjen TNI Jannie untuk menyumbangkan pikiran strategis untuk TNI AD, TNI maupun negara.

Sementara itu, lanjut Rusmin, sebagai penggantinya yaitu Brigjen TNI Yufti Senjaya merupakan mantan Waaspers Kasad bidang Pembinaan Perawatan Personel (Binwatpers) Spersad.

"Tidak saja pengalaman tugas dan jabatannya, beliau (Brigjen TNI Yufti Senjaya) merupakan salah satu  Pati (Perwira Tinggi) TNI AD yang mendapatkan penghargaan dari Kasad,"ujar Rusmin.

Untuk diketahui, berdasarkan Keputusan Kasad nomor Kep/873/XII/2021,  Yufti Senjaya mendapatkan penghargaan dari pucuk pimpinan TNI AD atas keberhasilannya dalam mempercepat program kesejahteraan prajurit dan keluarganya  yang terkait dengan Perumahan Non Dinas.

" Pak Jannie maupun Pak Yufti, keduanya merupakan lulusan Akmil 1991 dan beliau merupakan sahabat karib,"ujar Rusmin.

"Sebelum Lemhanas dan menduduki jabatan sebagai Waaspers Kasad, beliau menjabat di Lemdik yaitu sebagai Danrindam V/Brawijaya di Malang,"tambah dia.

Pada acara tradisi lepas sambut yang digelar di Makorem 143/HO,  setelah penghormatan Dhuaja Korem 143/HO Satria Dharma Utama dilanjutkan dengan pelepasan pejabat lama dengan Pedang Pora.

"Diiringi dengan puisi Doa Ksatria Bangsa, Brigjen TNI Jannie A. Siahaan dan istri didampingi Danrem 143/HO, Brigjen TNI Yufti  dan Istri (Ny. Arin Yufti Senjaya) menuju tempat penugasan yang baru, dengan penuh haru diantar oleh pejabat utama Korem 143/HO beserta prajurit, PNS dan anggota Persit,"terang Rusmin.

"Pak Jannie dan Ibu Vera Jannie A. Siahaan merupakan sosok yang sederhana, dekat dengan prajurit dan keluarga, tegas dan juga memiliki kepedulian serta jiwa sosial terhadap masyarakat yang tinggi, khususnya di tengah Pandemi COVID-19," pungkas Rusmin.
Editor Redaksi

Dilihat