Ticker

6/recent/ticker-posts

Presiden Jokowi : Dengan Resiko Apapun akan saya Stop Ekspor Barang Mentah

Kabarposnews.co.id.Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menegaskan larangan untuk ekspor barang mentah. Menurut Jokowi, hal itu dilakukan demi merubah pola pikir bangsa yang sudah terjajah sejak jaman VOC.

"Jangan sekali lagi berpikir ekspor barang mentah, raw material, ekspor nikel ore, ndak ndak ndak. Pola pikir harus kita ubah, ini harus menjadi negara industri! kalau kita mau maju," tegas Jokowi saat melepas ekspor perdana smelting grade alumina di Bintan, Selasa (25/1/2022).

Jokowi menyatakan, larangan ekspor barang mentah bukan tanpa sebab. Kepala negara meyakini, akan ada nilai tambah jika yang diekspor adalah barang setengah jadi atau sudah jadi.

"Dengan risiko apa pun, satu per satu akan saya stop (ekspor barang mentah)," ujar Jokowi.

Akibat kebijakan Jokowi, Indonesia kini menerima gugatan dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Namun Jokowi mengaku cuek dan siap menghadapi semua gugatan dunia demi kemajuan Indonesia.

"Nikel ore stop, kita digugat oleh WTO silakan gugat. Nanti stop bauksit mesti ada yang gugat lagi, silakan gugat tidak apa-apa, kita hadapi. Kalau ndak (stop), sejak jaman VOC kita akan jadi pengekspor raw material tidak rampung-rampung," Jokowi menandasi.
Editor Redaksi

Dilihat