Ticker

6/recent/ticker-posts

Jalan Diperbaiki Distribusi Jeruk Lancar DiKab. Karo Sumatra Utara

Kabarposnews.co.id.#SahabatPUPR suka buah jeruk? Bisa jadi jeruk yang Sahabat nikmati adalah hasil produksi Desa Liang Melas Datas di Kab. Karo, Sumatera Utara.

Desa Liang Melas Datas dikenal sebagai salah satu sentra produksi jeruk di Indonesia. Namun selama bertahun-tahun, warga di sana mengalami kesulitan untuk mendistribusikan produksi jeruk mereka akibat jalan yang rusak parah.

Dengan kondisi jalan sebelumnya yang berlumpur dan seperti kubangan, tak jarang harga jeruk mereka jatuh karena rusak akibat terguncang selama perjalanan.

Untuk menangani hal tersebut, sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo  Kementerian PUPR bergerak melakukan perbaikan jalan sepanjang 37,2 kilometer di Desa Liang Melas Datas. Selain diperkeras, jalan juga diperlebar menjadi 5,5 meter dengan lebar saluran 1 meter.

Berkat perbaikan ini, warga Desa Liang Melas Datas tak lagi kesulitan mendistribusikan jeruk mereka. Sebab waktu tempuh menuju jalan provinsi yang dahulu mencapai 3-4 jam, kini hanya menjadi 1 jam saja. Selain itu biaya transportasi dan distribusi juga menurun hingga 75%. Tentunya hal ini akan memacu peningkatan perekonomian Desa Liang Melas Datas ya.

#SigapMembangunNegeri

Sumber: MENPUPR
Reporter : SHT
Editor Redaksi