Ticker

6/recent/ticker-posts

Mirza Fanzikri Bahas Kewaspadaan Dini di Pidie Jaya

Kabarposnesw.co.id - Kerukunan, ketertiban, dan keamanan merupakan ekosistem utama dalam pembangunan daerah. "Jika potensi konflik tidak dapat dideteksi sedini mungkin, tentu akan menghambat pembangunan," papar Akademisi FISIP UIN Ar-raniry, Mirza Fanzikri, S.Sos., M.Si ketika menjadi Narasumber di depan para peserta dari berbagai unsur dan tokoh yang berhadir
Kegiatan Forum Group Discussion (FGD) bertajuk Peran Forum-Forum di Daerah Dalam Rangka Kewaspadaan Nasional, kamis 17 Februari 2022, di Aula Badan Kesbangpol Kabupaten Pidie Jaya.

Mirza yang juga anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Aceh mengajak partisipasi seluruh elemen yang berhadir untuk menjadi aktor dalam menjaga kerukunan, ketertiban, dan keamanan demi ketercapaian tujuan pembangunan daerah dan nasional. Partisipasi unsur masyarakat sama pentingnya dengan keterlibatan pelaku usaha, akademisi, dan media sebagai mitra pemerintah dalam menyukseskan agenda pembangunan sebagaimana dalam teori penta helix,"ujarnya.

FGD yang difasilitasi Oleh Badan Kesbangpol Aceh turut dihadiri oleh unsur FKDM, FKUB, FPK, MPU, KNPI, Keuchik, Camat, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan.
Selama proses FGD para peserta sangat antusias mengungkapkan berbagai isu, fenomena, dan permasalahan yang terjadi dalam lingkup kabupaten Pidie Jaya.

Sebut saja seperti perwakilan salah satu Keuchik di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, menyampaikan terkait berbagai fenomena pengelolaan dana desa dan penyaluran BLT. Selain itu, unsur beberapa Forum di Pidie Jaya juga menyinggung terkait isu kelangkaan pupuk, gas Elpiji 3 Kg, hingga minyak goreng.

Kegiatan FGD berjalan penuh antusias dengan berbagai penyampaian  informasi dari para peserta. Tampak Hadir dari Unsur Kesbangpol Aceh diantaranya Dedy Andrian, SE.,MM selaku Kabid Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional kemudian Zulkarnaini, M.Ec. Dev selaku Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Kewaspadaan Dini serta Beberapa orang Staf Kesbangpol Aceh.

Di akhir Kegiatan, Kepala Kesbangpol Pidie Jaya, Drs A Jalil M.Pd dengan merangkum berbagai masukan dan rekomendasi hasil FGD.(*)

Editor : Redaksi