Ticker

6/recent/ticker-posts

Presiden Jokowi : Pembangunan IKN Bagian Penting Dari Trasformasi Ekonomi RI

Kabarposnews.co.id."Tahun 2022, berbagai peluang transformasi dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik terutama dalam bidang green ekonomi dan teknologi informasi, kondisi pandemi Covid-19 dan penanganannya masih menjadi faktor penentu pemulihan ekonomi nasional. Percepatan vaksinasi yang lebih baik menjadi kunci keberhasilan kita dalam melakukan pemulihan ekonomi," ujar Presiden Jokowi dalam Mandiri Investment Forum, Rabu (9/2/2022).

Selain dari penanganan pandemi serta percepatan vaksinasi, reformasi struktural menurut Jokowi, menjadi kunci mengarahkan kebijakan ekonomi untuk meningkatkan nilai tambah dalam negeri semakin tinggi dan membuka peluang kerja yang semakin banyak bagi rakyat.

Adanya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) lanjut Kepala Negara, juga jadi bagian transformasi ekonomi untuk meningkatkan nilai tambah perekonomian.

"Pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur adalah bagian penting dari transformasi ini. IKN Nusantara kita jadikan sebagai hasil transformasi baik di bidang lingkungan, cara kerja basis ekonomi teknologi dan lain-lain," ucapnya.

Jokowi pun bilang, investasi polysilicon juga bisa memicu pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini menjadi lebih baik.

"Kita juga akan membangun ekosistem industri semi konduktor yang akan kita mulai dengan investasi polysilicon dan chain desainnya," ucapnya.

Lebih lanjut kata Jokowi, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, Green Industrial Park di Kalimantan Utara, akan menjadi sukses utama dan titik penting transformasi ekonomi Indonesia.

"Kita akan dorong pentingnya penerapan environmental social dan governance dalam berbagai aktivitas ekonomi dan secara bertahap beralih kepada sumber energi terbarukan untuk mewujudkan ekonomi hijau program," ujarnya. 

Reporter : SHT
sumber : Kompas.com

Dilihat