Ticker

6/recent/ticker-posts

Alqudri: “JKA harapan rakyat aceh, Pemerintah Aceh dan DPRA bersatulah"

Kabarposnews.co.id.Banda Aceh, saat ini masyarakat Aceh sedang dihebohkan dengan kebijakan pemerintah Aceh yang memberhentikan pelayanan kesehatan gratis melalui JKA.

Terhitung mulai 1 April 2022, JKA untuk sementara ditiadakan, sehingga kebijakan ini berdampak pada keberlangsungan pengobatan secara gratis bagi masyarakat Aceh.

Terlepas dari itu, banyak hal terkait kenapa JKA ini dihentikan, apakah dikarenakan pengalihan dana JKA atau tidak adanya data real masyarakat yang ada di Pemerintahan Aceh.

Hal ini tentunya mengundang banyak spekulasi dari publik. Bukan tanpa sebab, spekulasi ini muncul karena publik tidak mengetahui secara pasti alasan pemerintah berhentikan pengobatan gratis kepada masyarakat Aceh melalui JKA. 

Persoalan ini tidak terlepas dari pandangan ketua DPW PSI Aceh. 

Menurut AlQudri, selama ini program JKA memberikan manfaat bagi masyarakat Aceh. Namun, saat ini Pemerintah Aceh menghentikan sementara program Jaminan Kesehatan Aceh. Dengan demikian, premi Jaminan Kesehatan Nasional warga yang selama ini dibayarkan oleh Pemerintah Aceh melalui program JKA dihentikan. 

"Pemberhentian sementara JKA ini secara manfaat memang berdampak pada keberlangsungan pembiayaan kesehatan secara gratis kepada masyarakat Aceh, namun tentunya pemerintah Aceh juga tidak ingin persoalan data (by name by adress) menjadi soal di kemudian hari", jelasnya, Minggu (20/3/2022).

Alqudri menilai, kesimpangsiuran terkait dengan data (by name by adress) juga perlu ditelusuri, oleh karena itu, untuk memperjelas data tersebut perlu adanya kerjasama semua instansi pemerintah, mulai dari Badan Pusat Statistik sampai dukungan dari pemerintah kabupaten/kota.

" Kerjasama semua instansi sangat mendukung dan memperjelas status penerima JKA tanpa adanya pembayaran melebih yang ditanggung pemerintah Aceh", terangnya.

Kita berharap agar polemik keberlangsungan program kesehatan pemerintah aceh melalui JKA  segera berakhir dan program JKA dapat berjalan dengan lebih baik lagi.

Banda Aceh
Ketua DPW PSI Aceh

Alqudri
+62 852-7726-0999
Editor Redaksi