Ticker

6/recent/ticker-posts

Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula di Kaligondang Purbalingga Tahun 2022


Kabarposnews.co.id Purbalingga,  Kegiatan sosialisasi di Aula Balai Desa Kaligondang Kec. Kaligondang Kab. Purbalingga Jawa tengah telah tentang Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula dan Pemilih Wanita Kab. Purbalingga tahun 2022  diselenggarakan oleh instansi Kesbangpol Purbalingga yang diikuti  50 orang .

Dalam kesempatan tersebut  sambutan Camat Kaligondang (Bpk. Endi Astono.S.Sos.)
Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Taufik Rahmat dan Hidayah Nya kepada kita sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di Aula Balai Ds Pekiringan dalam rangka Sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula dan pemilih wanita Kab Purbalingga tahun 2022, terimakasih kepada Kesbangpol yang telah memprakarsai kegiatan ini.

Perlu disampaikan bahwa pandemi Covid-19 masih ada, maka dari itu kita tidak boleh kendor dan lengah dalam menjaga protokol kesehatan.
Pentingnya partisipasi pemilih dari para pemilih pemula dan pemilih wanita dalam menghadapi pemilu serentak yang akan datang untuk memilih para pemimpin  kita.

Di Pemilu yang terakhir kemarin wilayah Kec Kaligondang tingkat partisipasi masyarakat sudah cukup baik diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkat di pemilu yang akan datang.

Sambutan Kakesbangpol Purbalingga (Sadono,SE,M.Si) 
Atas nama pemerintah Kab. Purbalingga mengapresiasi  atas kehadiran Bapak Ibu semua dan selamat datang kepada para narasumber yang sebentar lagi akan memberikan materi.
Melalui kegiatan ini dapat memberikan pelajaran politik bagi para pemilih pemula dan pemilih wanita khususnya, dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Pandemi Covid-19 masih ada, pemerintah menghimbau agar tetap bisa menjaga protokol kesehatan, agar bisa menanggulangi adanya penularan penyakit tersebut.

Selanjutnya mari bersama sama ikuti kegiatan Sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula dan pemilih wanita Kab Purbalingga tahun 2022 dan dilanjutkan penyampaian materi oleh KPU dan Bawaslu. 
Penyampaian Komisioner Bawaslu Kab. Purbalingga/pemateri  (Misrad, SE). 

Pemilu serentak akan dilaksanakan pada bulan Februari 2024 dan Pilkada serentak akan dilaksanakan bulan November 2024, penyelenggaraan nya ditahun yang sama hanya beda bulan.

 Tugas Bawaslu yaitu melaksanakan pengawasan, pencegahan dan penindakan dalam penyelenggaraan tahapan pemilu.

Jenis pelanggaran dalam penyelenggaraan Pemilu yaitu pelanggaran administrasi, tindak pidana, kode etik dan peraturan perundang undangan lainya.
Sedangkan Peran pemilih pemula dalam Pemilu yaitu sebagai pengawas partisipatif dalam Pemilu dan Pilkada serentak thn 2024. Kami berharap para pemilih pemula aktif dalam pengawasan partisipatif dlm Pemilu sehingga Pemilu dapat berjalan dgn lancar dan sukses.


Penyampaian Komisioner KPU Purbalingga/pemateri (Catur Sigit Prasetyo,S.Pd.I
Tujuan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula dan Pemilih Wanita untuk memyebar luaskan informasi mengenai tahapan, jadwal, dan program Pemilu dan Pemilihan.
Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kesadaran masyarakat  tentang hal dan kewajiban dlm pemilu.
3). meningkatkan partisipasi pemilih dlm pemilu dan pemilihan.

Pemilu penting karena memberikan kesempatan kpd setiap warga negara utk menggunakan hal politiknya, terjaminya pergantian kepemimpinan secara reguler dan damai serta mempertahankan kedaulatan rakyat dan tetap tegaknya negara.
Bentuk partisipasi dlm Pemilu yaitu menjadi pemilih yg cerdas, menjadi peserta pemilu, menjadi penyelenggara Pemilu dan terlibat dlm penyelenggaraan Pemilu.

Pahami syarat.syarat menjadi pemilih diantaranya berusia 17 thn pd hari pemungutan suara atau sdh/perubahan kawin, tidak kawin sedang dicabut hak pilihnya, tidak sedang menjadi anggota TNI, Polri dan berdomisili didaerah Pemilu yg dibuktikan identitas KTP.

Pemilu serentak  Presiden, Wapres, DPR, DPD dan DPRD dilaksanakan hari Rabu 14 Februari 2024 dan Pemilihan serentak (gubernur, Bupati dan Wali Kota) dilaksanakan hari Rabu 27 November 2024.
Kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula dan pemilih wanita Kab Purbalingga tahun 2022 bertujuan untuk memberikan pelajaran politik kepada peserta dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu.

Pejabat yang hadir pada Kegiatan tersebut.
1.Kepala Kesbangpol Purbalingga (Sadono, SE, M.Si)
2.Kasi Bina Sospol Kesbangpol Purbalingga (Slamet Triyanto, S.Sos).
3. Camat Kaligondang (Bpk. Endi Astono.S.Sos.).
4.Komisioner KPU Purbalingga/pemateri (Catur Sigit Prasetyo, S.Pdi).
5.Komisioner Bawaslu Kab. Purbalingga/pemateri  (Misrad, SE).
6. Para pengurus PKK kec.Kaligondang
7..Pelajar tingkat SMU/SMK dan sederajat Kab.Purbalingga

Reporter :Ramzah
Editor Redaksi