Ticker

6/recent/ticker-posts

Gile Minyak Goreng Kemasan Mau Dikirim keluar Negeri , BeaCukai Tg Priok dan Penyellidik DKI Bongkar Modus Pengiriman Tersebut

Kabarposnews.co.id.Jakarta . Petugas Beacukai dan Penyelidik Kajati DKI Pelabuhan Tj.Priok Bongkar penyeludupan Minyak Goreng kemasan yang akan di ekspor ke Luar Negeri (Hongkong) jumat 18/3/22.

 Bea Cukai Pelabuhan Tj. Priok tentang temuan Kontainer berisi Minyak Goreng dalam kemasan, adapun yang dapat dilaporkan sebagai berikut :

hari Kamis tanggal 17 Maret 2022 sekitar Pukul 11.30 WIB di Dermaga Penumpukan Jakarta International Container Terminal I (JICT I)  petugas Penyelidik Kejati DKI dan petugas Bea Dan Cukai Tipe A Tanjung  Priok melakukan pemeriksaan lapangan atas temuan Kontainer berisi Minyak Goreng kemasan yang direncanakan untuk diekspor ke Hongkong  dan telah ditegah oleh pihak BC sejak tanggal 04 Januari 2022 karena adanya  kejanggalan dokumen . 
 Perusahaan pengekspor yang duga.adalah PT. AMJ (Amin Market Jaya) yang beralamatkan di Komplek Rukan Mitra Bahari, Jl. Pakin No.1, RT.2/RW.4, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara.

Dari hasil pemeriksaan lapangan, penyelidik Kejaksaan Tinggi DKI telah menemukan barang bukti sebagai berikut :

a. 1 unit kontainer 40 feet nomor kontainer BEAU 4737396 

b. Isi di dalam kontainer terdapat 1.835 karton minyak goreng dalam kemasan merk Bimoli. 

Menurut keterangan pihak Kejati DKI bahwa dari ekspor yang telah dan akan dilakukan oleh PT AMJ tersebut memberikan dampak kerugian perekonomian negara dengan adanya kelangkaan minyak goreng kemasan di Indonesia dan memberikan keuntungan tidak sah kepada PT AMJ sejumlah kurang lebih Rp 400.000.000 per kontainer, Penyelidik menduga minyak goreng itu diekspor dengan nilai penjualan per karton sekitar 240-280 dolar Hongkong atau 3 kali lipat keuntungan dari harga beli di dalam negeri.

berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Nomor Sprinlid: Print-848/M.1/Fd.1/03/2021 tanggal 16 Maret 2022.

Kegiatan ekspor Minyak Goreng yang dilakukan oleh oknum dan perusahaan secara ilegal adalah salah satu penyebab terjadinya kelangkaan dan mahalnya harga Minyak Goreng di dalam negeri. 

Editor Redaksi