Ticker

6/recent/ticker-posts

OPINI : L O R O B L O N Y O


OPINI KABARPOSNEWS.CO.ID.Arti dan filosofi dari Loro Blonyo adalah merupakan Simbol kemakmuran dan Keturunan,atau juga di sebut lambang Kemakmuran dan Kesinambungan.

Loro blonyo sebuah gambaran keindahan hubungan insan agar saling menjaga keselarasan dan keharmonisan dalam kehidupan yang di jalani antar sesama mahluk hidup.                         
                                                    Sejarah Loro Blonyo dalam bahasa jawa yang berarti,Loro adalah dua,dan Blonyo adalah di rias atau di dandani yang melalui proses pemandian.                    

Menurut sejarah,Patung atau Boneka Loro Blonyo ini telah ada sejak zaman Kerajaan Mataram yang di pimpin oleh Sultan Agung.

Menurut kepercayaan masyarakat jawa dulu,Loro Blonyo ini adalah perwujudan dari Dewi Sri dan Dewa Wisnu,yang telah di puja oleh masyarakat Jawa dan Bali pada masa pra Hindu dan pra Islam.                               

Seiring berkembangnya waktu,Patung Loro Blonyo ini di modifikasi supaya terkesan Universal dan di terima oleh seluruh masyarakat,untuk di buat menjadi sepasang Pengantin.

Pada zaman dahulu,Patung Loro Blonyo ini hanya di miliki oleh Orang/Kaum Priyayi saja,karena kepemilikan Patung Loro Blonyo ini berkaitan dengan Kultur dan Budaya masyarakat Jawa.

Orang /Kaum Priyayi ini meletakkan patung tersebut di sebuah ruangan khusus atau di taruh di senthong ( ruang tengah rumah ) yang di anggap merupakan ruangan pribadi Suami dan Istri.                                               

Patung Loro Blonyo kebanyakan memakai Pakaian Dhodhot basahan/Kemban,sedangkan yang di foto th 1890 itu memakai Pakaian Sikepan/Kebaya.   

Mari kita jaga dan lestarikan adat budaya Nusantara.
                                                                                                                                          
Sumber : Memory of Netherlands Onbekend 1893 Djogjakarta.  
Reporter : SHT                       

#savebudayanusantara                                    #nguriuribudoyoluhurjawi       
Editor Redaksi
OPINI                             🇮🇩

Dilihat