Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemerintah Siapkan Gerbong Kereta Gratis untu Motor Pemudik Lebaran

Kabarposnews.co.id Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah telah menyiapkan gerbong kereta untuk diisi motor secara gratis selama masa mudik Idulfitri 1443 H tahun ini.

Fasilitas itu disediakan untuk mendorong masyarakat mudik menggunakan transportasi umum dengan tetap membawa motornya. Muhadjir berkata pemerintah ingin para pemudik tidak mengendarai motor karena rawan kecelakaan.

“Oleh sebab itu untuk pemudik yang menggunakan kereta api bisa bawa sepeda motornya, dan untuk sepeda motornya tidak dipungut biaya,” kata dia, Jumat (8/4/2022).

Muhadjir mengaku telah meminta kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menyiapkan gerbong kereta gratis untuk mengangkut sepeda motor bagi pemudik.

Muhadjir menambahkan, mudik menggunakan transportasi umum juga mengurangi kepadatan di jalan raya.

Diketahui, motor menjadi salah satu modal transportasi yang biasa digunakan orang untuk mudik. Data Kemenhub di tahun 2019 terdapat 1.378.574 sepeda motor yang melintas untuk arus mudik dan balik.

“Jadi nanti sepeda motornya digunakan saat tiba di tempat tujuan,” kata dia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku telah meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan gerbong khusus untuk mengangkut sepeda motor pemudik secara gratis pada momen libur Hari Raya Lebaran 1443 H tahun ini.

“Kemenhub juga akan mengadakan mudik gratis dengan motor, tapi orangnya bayar kalau naik kereta api. Kalau yang dengan bus disediakan dengan truk, untuk motornya juga gratis,” kata Budi alam keterangan resminya yang diterbitkan Kemenko PMK dikutip Jumat (8/4).

Presiden Joko Widodo telah memperbolehkan masyarakat untuk mudik di hari libur lebaran tahun ini. Aturan itu berbeda di dua tahun sebelumnya pemerintah sempat melarang imbas pandemi virus corona. 

Sumber : RealitaRakyat
Reporter : SHT