Ticker

6/recent/ticker-posts

Sekda Sidak Vaksinasi di Sindangbarang Dan Semplak


KOTA BOGOR | KABARPOSTNEWS.CO.ID Sekda  Kota Bogor, Syarifah Sofiah melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Sindangbarang dan Puskesmas Semplak, Kamis (14/4).

Di Puskesmas Sindangbarang, Syarifah didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Sri Nowo Retno, Kepala Disdukcapil, Sujatmiko Baliarto, Camat Bogor Barat, Abdul Rahman dan Lurah Sindangbarang, Kurniawati Arik P. 

Di sana Sekda menyaksikan antusias warga yang datang untuk di suntik vaksin sekaligus mengurus dokumen kependudukan, khususnya Kartu Identitas Anak (KIA). 

Sidak yang dilakukan tidak hanya di Puskesmas, tetapi juga ke Kantor Kelurahan Sindangbarang yang letaknya tidak jauh dari puskesmas. Nampak warga tengah mengantri untuk menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Antusias warga yang ingin di vaksin tidak terlepas dari ketentuan syarat pengambilan BLT. Salah satu syaratnya sudah di vaksin dosis tiga atau booster.

Menurut Sekda, pelaksanaan vaksinasi dosis tiga atau booster yang dilakukan berbarengan dengan penyerahan BLT. Selain pelayanan KIA dari Disdukcapil Kota Bogor bisa menambah jumlah warga yang ingin di vaksin.

“Awalnya 600 an warga, kemarin sempat mencapai 1.000 an. Jadi setiap kelurahan atau puskesmas  memiliki cara atau inovasi tersendiri untuk menarik warganya agar mau dan bisa di vaksin. Kita berikan kebebasan, yang utamanya target yang ditetapkan dapat tercapai, ”kata Syarifah.

“Jadi kalau dulu ketika kita kunjungi agar mau di vaksin, warga beralasan sakit atau memiliki komorbid. Sekarang walaupun sedang sakit warga mengaku sehat agar bisa di vaksin booster. Tentunya harus diperiksa dulu oleh petugas medis yang bertugas, ”kata Lurah Sindangbarang, Kurniawati Arik P.

Kondisi berbeda ditemui Syarifah saat mengunjungi Puskesmas Semplak, pelaksanaan vaksinasi berjalan normal dengan rata-rata jumlah warga yang divaksin sebanyak 100 orang per hari. Bahkan, sempat mengalami peningkatan mencapai 300 orang, Selasa (12/04) saat berbarengan dengan penyerahan BLT. 

Camat Bogor Barat, Abdul Rahman menyebutkan, ada 11 kelurahan di wilayahnya yang melayani vaksinasi dibarengi dengan pelayanan KIA Disdukcapil. Salah satunya Kelurahan Sindangbarang.

Pewarta    :  Wendi Mayuda
Editor Redaksi