Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Gerbang Ikonik Menuju Kawasan Candi Borobudur Selesai diBangun


Kabarposnews.co.id Untuk mengembangkan kawasan Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata prioritas di tanah air, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan 4 gerbang masuk menuju kawasan wisata Candi Borobudur.

Keempat gerbang ini yakni Gerbang Blondo, Palbapang, Kembanglimus, dan Klangon yang masing-masing memiliki ikon yang terinspirasi dari relief Candi Borobudur dan didesain oleh seniman Magelang Nyoman Ali Mustafa.

Gerbang Blondo yang menyambut wisatawan dari arah Semarang memiliki ikon patung pohon kalpataru. Sedangkan Gerbang Palbapang untuk menyambut wisatawan dari arah Yogyakarta memiliki ikon patung singa.

Gerbang Kembanglimus untuk menyambut wisatawan dari arah Purworejo memiliki ikon patung gajah. Sementara Gerbang Klangon yang menyambut wisatawan dari Kulonprogo memiliki ikon perahu Samudera Raksa.

Pembangunan gerbang ikonik ini diharapkan dapat menarik wisatawan domestik dan internasional, sehingga meningkatkan perekonomian sekitar.

Kementerian PUPR Basuki Hadimuljono juga telah menyelesaikan pembangunan jaringan jalan dan jembatan pada kawasan Candi Borobudur yang menjadi salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Pekerjaan tersebut di antaranya penataan trotoar dan pedestrian dengan tetap memperhatikan aspek estetika yang serasi sebagai upaya pelestarian kawasan Borobudur sebagai Situs Warisan Budaya Dunia.

Borobudur News | Sumber ; Jessie's Blog 
Reporter : SHT.

#jokowi #hadimuljono #ganjarpranowo #srisultanhamengkubuwono