Ticker

6/recent/ticker-posts

OPINI : Presiden DiMasa Depan 2024?


Opini Kabarposnews.co.id Tulisan ini bukan ramalan, karena sudah terjadi. Bukan juga otak-atik mathuk karena faktanya begitu. Kalau gak percaya silahkan dilihat sendiri. 

Ini adalah para presiden Republik Indonesia yang tercatat secara resmi. Kabarnya sih dulu ada yang pernah menjabat sebagai perdana menteri tetapi tidak dimasukkan sebagai presiden / kepala negara secara resmi. Sampai saat ini yang tercatat ya hanya 7 nama ini. 

Baiklah kita mulai. 

Dari ketujuh orang ini yang mampu menjabat lama sebagai presiden ada 4 orang yaitu. Soekarno, Suharto, Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo. 

Soekarno tercatat menjabat presiden RI dari 1945 - 1967 atau sekitar 23 tahun. 

Suharto tercatat menjabat sebagai presiden RI dari 1967 - 1998 atau sekitar 32 tahun.

Pada masa jabatan Presiden Sukarno maupun Suharto memang belum ada batasan masa jabatan seorang presiden. Jadi selama masih mau ya bisa maju lagi dan lagi.

Sementara Susilo Bambang Yudhoyono menjabat selama 2 periode masa jabatan seseuai ketentuan UU yang berlaku, dari tahun 2004 - 2014. 

Sedangkan Joko Widodo telah menyelesaikan masa jabatan yang pertama dari 2014 - 2019 dan saat ini sedang menjalani masa jabatan kedua yang akan berakhir tahun 2024 nanti. 

Silahkan di cermati. Dari ke-empat orang yang bisa menduduki jabatan presiden Republik Indonesia dengan masa jabatan lama atau bisa menyelesaikan masa jabatan sesuai UU, semuanya memiliki huruf O original pada namanya. 

Sukarno memiliki satu huruf O original pada namanya. Dan mampu menjabat sampai 23 tahun, sebab waktu itu memang tidak ada persaingan pilpres. Mengakhiri masa jabatan karena ada pemberontakan.

Suharto juga memiliki satu huruf O original pada namanya. Dan mampu menjabat selama 32 tahun. Pada masanya juga tidak persaingan pilpres. Suharto selalu menjadi calon tunggal. Mengakhiri masa jabatan karena demosi. 

Susilo Bambang Yudhoyono memiliki empat huruf O original pada namanya. Mampu menjabat selama 2 periode atau 10 tahun. Mengalahkan semua capres dalam dua kontestasi pemilu. Capres2 yang pernah dikalahkannya diantaranya Amin Rais dan Jusuf Kalla. Keduanya tidak memiliki huruf O pada namanya. Wiranto punya satu huruf O pada namanya, pernah maju dan kalah dari  Susilo Bambang Yudhoyono yang punya 4 O original. Sementara Megawati Soekarnoputri meski punya 2 O pada namanya tetapi itu bukan O original, sebab itu membawa nama orang tuanya. 

Joko Widodo yang saat ini masih mejabat untuk periode ke dua. Memiliki empat huruf O original pada namanya. Memenangi dua kali konstestasi melawan orang yang sama yaitu Prabowo Subianto yang memiliki tiga huruf O pada namanya. Kita menyaksikan sendiri betapa sengit pertarungannya pada waktu itu. Bahkan imbasnya masih ada sampai saat ini. Betapa segala cara telah dilakukan. Toh yang punya huruf O lebih banyak yang menang. 

Sementara BJ. Habibie, kurang cerdas apa coba? Seluruh dunia mengakuinya. Toh menjabat sebagai presiden RI hanya sebentar. Bahkan itupun karena estafet, bukan karena terpilih dalam pemilu. Habibie tidak punya huruf O pada namanya

Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Beliau kurang cerdas apa? Seorang ulama besar. Mantan Ketum PBNU. Keturunan ulama, pahlawan dan tokoh besar nasional. Bahkan banyak yang menyebut beliau sudah level wali. Tidak punya huruf O pada namanya. Faktanya Gus Dur yang terpilih menjadi presiden dalam pemilu melalui MPR hanya menjabat setengah periode. 

Megawati Soekarnoputri. Ketum partai besar. Putra sang Proklamator yang juga presiden pertama Republik Indonesia. Meski punya 2 huruf O pada namanya tetapi itu bukan O original sebab melekat pada nama orang tuanya. Dan Megawati meski bisa menjabat sebagai presiden Republik Indonesia, tapi hanya setengah periode. Itupun melanjutkan estafet dari Gus Dur, bukan terpilih saat pemilu. Sama seperti BJ. Habibie. 

Nah, dari rangkaian kejadian diatas, menjadi menarik untuk di ikuti, kira-kira siapa Presiden Republik Indonesia, penerus Joko Widodo. Siapa yang akan maju dan memenangi konstestasi pilpres 2024 nanti. Apakah keberadaan huruf O original pada namanya masih akan berguna atau semua yang diatas hanya kebetulan? Kita tunggu saja. 

Buat kamu yang punya banyak huruf O pada namanya, bisa dicoba untuk nyapres, siapa tahu semesta merestui. Yang gak punya huruf O ya duduk di pojokan saja. 

Saya punya 1 huruf O original. Mau coba nyapres kita ? 😂😂

Sumver ; Nophie_Kurniawati
Reporter ; SIH
Editor Redaksi
Opini