Ticker

6/recent/ticker-posts

Ka KPH II Kunker Ke KTH Sala Dan BKPH Meureudu Dalam Rangka Kerjasama HHBK


Firdaus, S.Hut, M. Si melakukan kunjungan kerja ke Kelompok Tani Hutan (KTH) Blang Sala di Kantor Desa Gampong Kumba Kecamatan Bandar Dua

Kabarposnesw.co.id - Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah II Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Aceh Firdaus, S.Hut, M. Si melakukan kunjungan kerja ke Kelompok Tani Hutan (KTH) Blang Sala di Kantor Desa Gampong Kumba Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya, Senin, (13/6/2022). 

Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi kerja sama KTH Blang Sala dengan KPH Wil II dan BKPH Meureudu di sektor perhutanan sosial untuk peningkatan ekonomi masyarakat dari Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) .
Turut hadir Yusriza Agustian, S.Hut Kasie Pembinaan Teknis dan Perlindungan Hutan KPH II, Ka BKPH Meureudu Jamaluddin, S. Hut,Koordinator Penyuluh dan Penyuluh pendamping Al Fian, S. Hut, Supriyadi, S. Hut, Fakaruddin, SS, Hut, Fitriadi dan sejumlah personil Pamhut serta Keusyiek dan Pengurus KTH Blang Sala.

Dalam pertemuan itu Kepala KPH Wil II Firdaus menyebut pentingnya masyarakat kawasan hutan memanfaatkan potensi HHBK yang ada demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi, namun ada mekanisme tertentu yang harus dipenuhi kelompok masyarakat agar bisa memanfaatkan hasil hutan secara legal, efisien dan akuntabel.
"KTH Blang Sala telah mengajukan RKT untuk pemanfaatan getah vinus diareal yang telah ditentukan, sebenarnya tak hanya itu, KTH bisa mengajukan permohonan HHBK lainya secara kelembagaan seperti pemanfaatan rotan, madu, jernang, gaharu dan jenis lainya," sebut Firdaus.(*)

Editor : Redaksi