Ticker

6/recent/ticker-posts

LG BUKA PABRIK BATERAI DI JATENG"Siap Serap 20.000 Tenaga Kerja"


Jateng Kabarposnews.co.id .- LG Energy Solution asal Korea membuka pabrik pembuatan baterai di Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah (Jateng) dengan nilai investasi yang cukup besar, yakni 9,8 miliar USD, atau Rp142 triliun, dan digadang-gadang menjadi yang terbesar se Asia Tenggara.

Pada peresmian pembangunan pabrik pada 8 Juni 2022, Presiden Jokowi yang didampingi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, beserta beberapa menteri, diantaranya Menteri BUMN mengatakan: "Investasi LG ini merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. Total investasinya Rp142 triliun. Dan yang paling saya senang, ini akan menyerap 20.000 karyawan."
Sebagai negara penghasil Nikel terbesar di dunia, Presiden Jokowi yakin Indonesia akan menjadi produsen utama produk-produk barang berbasis nikel. Mulai lithium baterai, baterai kendaraan listrik akan diproduksi besar di Indonesia. Dengan demikian akan menambah income ke negara dan mampu menumbuhkan titik-titik ekonomi baru. 

Presiden LG Energy Solution, Lee Bang Soo mengatakan, pihaknya sangat senang dapat berinvestasi di Kawasan Industri Batang. Kawasan ini akan menjadi kawasan industri electric vehicle paling penting di Asia Tenggara. Proyek berskala besar ini membutuhkan lahan seluas 275 hektare, yang nantinya mampu memproduksi baterai kendaraan listrik sebesar 3,5 juta unit, dan 200 gigawatt per tahunnya.

Sementara itu Ganjar Pranowo mengatakan senang dan bangga dengan adanya investasi besar pabrik baterai di Batang. Apalagi, investasi itu dibangun dengan model berkesinambungan. Ini hebat sekali. Dengan nilai Rp142 triliun itu cukup besar, apalagi dibangun dari hulu sampai hilir. Maka kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Semoga semua berjalan lancar, dan sesuai target. Apapun ocehan dari segelintir elite tidak perlu ditanggapi, karena itu justru jadi biang penghambat pembangunan. Maju terus Indonesia, dan kami pun akan selalu bersama Pakde Jokowi dan Mas Ganjar hingga saatnya meletakkan jabatan kelak :

Salam NKRI Gemilang
Sumber : Wahyu Sutono
Reporter : SHT
Editor Redaksi