Ticker

6/recent/ticker-posts

STY RESMI TETAP MELATIH 3 TIMNAS


Kabarposnews.co.id Insan sepak bola Indonesia bisa bernafas lega setelah PSSI resmi menetapkan Shin Tae-yong (STY) tetap melatih Timnas U-19, Timnas U-23, dan Timnas Senior, setelah sempat menjadi polemik atas sikap PSSI yang mencla mencle.

PSSI sempat akan melepas STY dari Timnas Senior, agar lebih fokus ke Timnas U-19 yang memang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 di Indonesia pertengahan 2023 mendatang. Lalu PSSI akan mencari pelatih baru untuk menggantikan STY. Sontak berbagai elemen masyarakat protes keras, dan membuat tagar:
"Jangan Ganggu STY"

Maka PSSI pun merubah keputusannya agar STY tetap melatih Timnas Senior dan Timnas U-23, namun Timnas U-19 harus dilepas, agar tidak keteter. Tentu hal inipun tetap diprotes oleh insan sepak bola Indonesia, karena ini melanggar komitmen yang telah disepakati sejak awal. STY sendiri memilih melatih semua tiga Timnas, dengan pertimbangan agar bisa berjalan sesuai program yang telah dirancangnya.
STY memang merasa keteter, namun ini sebuah tantangan untuk membangun sepak bola Indonesia lewat Timnas yang ditanganinya, agar bisa berprestasi. Nyatanya sekarang sudah banyak perubahan, baik dari etos kerja para pemain, maupun mentalnya. Timnas sudah tidak mudah kalah, bahkan bisa mengalahkan Timnas negara lain yang peringkat FIFA-nya lebih tinggi.

Memang sudah sepatutnya PSSI menyerahkan semua keputusan kepada STY yang lebih paham, dan tahu betul semua kendalanya. Terlebih STY pelatih berpengalaman yang pernah memulangkan juara dunia Jerman dari Piala Dunia saat STY menjadi pelatih Timnas Korsel. Ingat bahwa prestasi itu tidak datang tiba-tiba. Jangan lupa pula bahwa sepak bola Indonesia berbeda jauh dengan sepak bola Eropa yang sangat profesional dan sudah menjadi industri.

PSSI seharusnya bersyukur memiliki pelatih sekaliber STY yang dengan senang hati bersedia melakukan semua ini dengan bayaran yang super murah. PSSI pun tak perlu tersinggung dan repot atas usulan adanya training center, karena sudah direspons cepat oleh pembina Yayasan Safin Bina Bangsa selaku pengelola Safin Pati Sports School, sekaligus operator training center Gelora Soekarno Mojoagung Pati, yang siap menyediakan secara gratis.

Gonta ganti pelatih itu tidak ada jaminan maju. Selain harus dimulai dari nol lagi, juga semua itu harus lewat 'Proses' yang terprogram, dan tidak ada yang instan. Karenanya, mari kita jaga agar STY tetap cinta sepak bola Indonesia, dan dukung terus program kepelatihannya, agar bisa membawa Garuda Muda menuju pentas dunia pada Piala Dunia 2023 :

Salam olah raga.. jebreeeet 🇮🇩
Sumber : Wahyu Sutono
Reporter : SHT
Editor Redaksi