Ticker

6/recent/ticker-posts

Zalensky Apresiasi Jokowi

Kabarposnews.co.id Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy atau Zelensky. Zelensky mengatakan kunjungan Jokowi ini merupakan kunjungan bersejarah bagi Indonesia dan Ukraina.

"Karena ini merupakan kunjungan pertama oleh Presiden Indonesia ke Ukraina, dan ini adalah kunjungan pertama pemimpin Asia yang sejak awal dari invasi Rusia ke Ukraina," kata Zelensky melalui translator dalam konferensi pers bersama Jokowi, Kamis (30/6/2022).

Zelensky juga mengapresiasi kehadiran Jokowi. Sebab, keberadaan dan kewenangan Jokowi dan Indonesia di mata internasional sangat tinggi.

"Bapak Presiden, Yang Mulia, kita mengapresiasi hal tersebut. Terutama Indonesia dan kewenangan Anda dan juga keberadaan Anda di dunia internasional sangat tinggi. Anda mewakili negara-negara G20 di mana Indonesia memegang presidensi tahun ini dan merupakan negara yang kuat di ASEAN dan tahun depan akan menjadi Keketuaan ASEAN tahun depan," tuturnya.

Menurut Zelensky, kehadiran Jokowi ini merupakan awal untuk memperkuat koalisi melawan perang. Selain itu, untuk mengembalikan stabilitas dunia.

"Kita mengapresiasi dukungan Indonesia dan juga dukungan pribadi personal anda yang ada di masa perang tersebut untuk perjuangan kemerdekaan kita. Dan kita juga akan memperjuangkan kemerdekaan kita dan juga kemerdekaan Ukraina dari perang kolonial yang dilancarkan oleh Rusia. Dan secepatnya perang ini berakhir, dan kita akan secepatnya untuk dapat mengembalikan situasi politik dan ekonomi di Ukraina," papar Zelensky. 

Sumber ; Detikcom
Reporter : SHT