Ticker

6/recent/ticker-posts

Kapitan Pattimura dikenal sebagai Thomas Matulessy

Kabarposnews.co.id Klaim bahwa Kapitan Pattimura bernama asli Ahmad Lussy sempat viral. Padahal selama ini, Kapitan Pattimura dikenal sebagai Thomas Matulessy. 

Keluarga keturunan Thomas Matulessy dari Pulau Haruku, Provinsi Maluku, membantah klaim bahwa Pattimura adalah Ahmad Lussy.

"Itu hoax sejarah," kata Thomas Matulessy, Rabu (6/7/2022).

Thomas Matulessy sebagai keturunan Thomas Matulessy yang hidup di abad 18-19, sosok yang dikenal sebagai Kapitan Pattimura dan tewas di tiang gantungan Belanda, kemudian ditetapkan Indonesia sebagai pahlawan nasional.

"Saya adalah generasi ke-6 dari Thomas Matulessy," kata Thomas, pria kelahiran Hulaliu, Pulau Haruku, tahun 1957, dan sekarang tinggal di Ambon.

Thomas sendiri dinamai persis oleh orang tuanya dengan nama asli Kapitan Pattimura agar mengenang nenek moyangnya.

Klaim yang menyatakan nama asli Kapitan Pattimura adalah Ahmad Lussy disampaikan oleh Ustaz Adi Hidayat. Ustaz itu juga bilang Kapitan Pattimura beragama Islam, senada dengan klaim sejarawan Profesor Ahmad Mansur Suryanegara dalam buku 'Api Sejarah'.

"Katanya ditulis profesor, tapi profesor kalau tidak bikin penelitiannya itu hoax juga. Saya menganggap itu adalah cerita dongeng yang tidak berdasar. Sejarah itu kan harus berdasar fakta masa lampau yang benar," kata Thomas.

Kapitan Pattimura atau Thomas Matulessy adalah anak Corneles dan Petrosina Noya. "Beragama Kristen Protestan," ujar Thomas. 


Sumber : DetikNews
Reporter : SHT
Editor Redaksi

Dilihat