Ticker

6/recent/ticker-posts

Puluhan Pelaku Usaha Fotografi Dibimbing Langsung Dinas Koperasi dan UKM Aceh

Kabarposnews.co.id Banda Aceh  - Puluhan pelaku usaha fotografi asal negeri petrodolar Lhokseumwe dibina langsung oleh Dinas Koperasi dan UKM Aceh melalui kegiatan bimbingan teknis bagi wirausaha pemula dan pelaku  usaha mikro. Bimbingan teknis tersebut dilaksanankan di Hotel Arabia Banda Aceh sejak 25 oktober hingga 28 November.

Acara yang dibuka oleh Kabid Pengawasan Dinas UMKM Aswar S.Hut MAP itu menghadirkan (empat) pemateri utama Rizal Wahyudi, Mukhlis, T Banta Syahrizal dan Azwar Raju.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Azhari S.Ag M.Si melalui Kabid Pengawasan Dinas UMKM Aswar S.Hut MAP mengatakan, bimtek ​​​​​itu digelar agar peserta bisa mengelola usaha fotografi dengan baik sehingga setiap produk yang dijual sehingga layak untuk dipromosikan baik itu di media sosial maupun untuk kebutuhan lainnya. " Dalam upaya meningkatkan promosi dan pemasaran produk UMKM, sektor juga photografi memiliki peran penting. Sehingga produk yang dipasarkan menarik minat para konsumen, apalagi di era yang serba digital ini, produk umkm tidak lagi dipasarkan melalui lapak atau toko saja, tetapi pemasaran melalui online baik media sosial maupun market place juga dapat meningkatkan penjualan produk dan menghadirkan income bagi para pelaku usaha," jelasnya.

Di samping itu, Aswar berharap pelaku usaha fotografi dapat lebih berkembang dan berperan aktif baik dari sisi pemasaran maupun promosi produk UMKM di Aceh,  selain itu semangat kewirausahaan juga harus terus dipupuk. Tujuan kegiatan seperti bimtek ini supaya para pengusaha pemula dapat mengembangkan usaha berkelanjutan nantinya. "Hal yang tak kalah penting adalah bagaimana seorang pelaku usaha memiliki kemampuan manajemen yang baik dalam menjalankan usahanya termasuk para pelaku usaha fotografi atau fotografer. Bimtek ini akan menjadi ajang bagi para fotografer untuk menimba ilmu dan teknis manajemen pengelola usaha yang baik. Untuk itu, setelah mengikuti Bimtek diharapkan UMKM dapat mengaplikasikan materi yang disampaikan oleh Narasumber atau pemateri untuk mengembangkan usahanya," paparnya.

Azwar menambahkan, Dinas Kop dan UKM Aceh tidak henti-hentinya terus berupaya agar UMKM di Aceh naik kelas. "Salah satu bentuk komitmen pemerintah Aceh melalui Diskop dan UKM Aceh dalam pengembangan wirausaha pemula dan pelaku usaha mikro selain memberikan bantuan peralatan adalah meningkatkan SDM para pelaku usaha melalui kegiatan bimtek," lanjutnya.

Aswar berharap dengan adanya program kewirausahaan dari pemerintah Aceh ini diharapkan ke depannya penganguran akan terus berkurang dengan semakin tumbuh dan berkembangnya sektor UMKM.
“Anak-anak muda para generasi milenial kita harapkan terus termotivasi untuk berwirausaha agar dapat membuka lapangan kerja, mengurangi angka pengangguran sehingga ke depannya pertumbuhan ekonomi di Aceh terus bangkit,"harapnya.

Editor Redaksi 

Dilihat