Ticker

6/recent/ticker-posts

Hari Konservasi Gajah, Harimau, dan Orangutan Diperingati di Seluruh Dunia


Kadis DLHK Aceh,  Kepala Balai BKSDA,  Pj. Bupati Pidie saat pembukaan acara puncak hari Harimau,  Gajah dan Orangutan Sedunia

Kabarposnesw.co id - Bulan Juli dan Agustus ini, dunia memperingati tiga satwa yang dilindung sekaligus, yaitu Hari Harimau Sedunia pada 29 Juli 2023, Hari Konservasi Gajah pada 12 Agustus 2023, dan Hari Orangutan Sedunia pada 19 Agustus 2023.

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya perlindungan dan pelestarian spesies-spesies ini. 

Peran harimau, gajah, dan orangutan di alam menjadi predator puncak di ekosistem hutan, memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan alam, mengontrol populasi hewan mangsa atau hama, hingga sebagai penyebar biji pohon secara alami. 

Dedi Kiswayadi, Program Manager Fauna & Flora Indonesia Programme dan salah satu ahli lingkungan mengatakan bahwa peneliti, aktivis, dan lembaga konservasi bergabung dalam kegiatan kampanye global untuk memerangi ancaman terhadap keberlanjutan ekosistem habitat gajah, harimau, dan orangutan.
Kasi BKSDA Wilayah I bersama Program Manager Fauna & Flora Indonesia Programme menyerahkan buku fiqih konservasi alam Aceh kepada Pj. Bupati Pidie

“Peringatan ini memberikan peluang bagi masyarakat untuk belajar lebih banyak tentang pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dan ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian,” jelas Dedi.

Dedi menambahkan bahwa melalui edukasi dan aksi secara langsung, kita sudah turut serta dalam membantu dan melindungi satwa-satwa ini dalam menghadapi ancaman punahnya di alam.(*)

Editor : Redaksi

Dilihat