Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN USK Tematik Ciptakan Kolam Bioflok di Desa Terpencil di Bener Meriah


Kabarposnews.co.id Para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN Tematik dari Universitas Syiah Kuala menciptakan kolam Bioflok di Desa Seni Antara Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah.

Acara peresmian dilakukan pada Selasa (8/8) dihadiri langsung oleh PJ. Bupati Bener Meriah Bapak Drs. H Halili Yoga, M.Si didampingi ibu Bupati serta beberapa kepala Dinas.

Turut mendampingi juga   Reje Seni Antara Irwan Saiyoga, Dosen Pembimbing dari USK Mujiburrahmad, SP, M.Si, mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Lokasi acara tepatnya di halaman Kantor Desa Seni Antara, Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah.

Kedatangan Pj Bupati adalah dalam rangka memenuhi undangan peresmian dan secara simbolis melakukan pelepasan ikan nila di kolam bioflok karya mahasiswa KKN Tematik USK , Ujar Mujiburrahmad, SP, M.Si 

Dalam sambutan, PJ Bupati memberikan motivasi dan arahan serta apresiasi kepada mahasiswa KKN dan seluruh masyarakat desa.

Patut kita ketahui bersama tujuan dibuatnya budidaya ikan nila pada kolam bioflok di Desa Seni Antara oleh  mahasiswa ini ialah untuk mendukung ekonomi rumah tangga dan mendukung program ketahanan masyarakat bebas stunting khususnya di Desa Seni Antara. 

Lanjut, beliau mengharapkan pembuatan kolam ini menjadi contoh kepada masyarakat untuk kedepannya dapat diterapkan agar menekan angka stunting di Kabupaten Bener Meriah.

Kolam bioflok ini menjadi suatu trobosan baru untuk kita agar bisa menekan angka stunting dimasyarakat kita., Tambah beliau.

"Targetnya disini ialah untuk memahami bukan hanya menurunkan", tegas PJ Bupati. 

Karena jika hanya menurunkan angka stunting suatu saat itu akan kembali naik, namun apabila diberikan pemahaman maka masyarakat secara berkelanjutan akan paham terhadap segala hal tentang stunting dan dengan hal ini jelas menurunkan angka stunting," ucap Bupati Bener Meriah dengan tepuk tangan meriah dari hadirin sekalian.

Beliau menegaskan program ini tidak boleh berjalan sia-sia, harus ada yang bertanggung jawab dan diminta kepada semua elemen masyarakat ikut membantu menjaga serta merawatnya.

Beliau juga mengapresiasi kondisi Desa Seni Antara yang sudah sangat berubah ke arah yang jauh lebih baik. Beliau mengucapkan terima kasih banyak atas kinerja dari Bapak Camat, Bapak Reje, mahasiswa KKN USK, serta semua elemen masyarakat yang telah turut ikut andil dalam membangun desa ke arah yang lebih baik.

Editor Redaksi

Dilihat