Ticker

6/recent/ticker-posts

KLHK, TNGHS Berikan Bantuan 500 Bibit Buah-Buahan di Kampung Cipandawa Cileuksa

 

KABARPOSNEWS.CO I KAB. BOGOR – Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK) dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), berikan bantuan sebanyak 500 bibit buah-buahan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Cileuksa Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, Sabtu (23/12/2023).

 

500 bibit macam buah-buahan tersebut, diberikan Dr. Herry Yogaswara dari Badan Riset Inovasi Nasional, Dudi Mulyadi, S. HUT. M. Si, Iwan Ridwan, S. Hut, dari Balai Taman Nasional Gunung Halimun salak, diterima langsung olek kepala desa cileuksa didampingi staf, dan akan ditanamkan di kampung cipandawa yang menjadi Hunian Tetap (HUNTAP) pasca bencana tahun lalu.

 

Saat dijumpai awak media Ujang Ruhyadi selaku Kepala Desa Cileuksa mengatakan Bibit tersebut merupakan hasil bantuan KLHK dan TNGHS, rencana akan di tanam di dilahan yang ada di wilayah Hunian Tetap (HUNTAP), guna menata lingkungan ruang penghijauan,"ucapnya.

Adapun bibit buah-buhan yang sudah di berikan KLHK itu, Kata ia “Ujang Ruhyadi”, seperti bibit alpukat, mangga, pete, lengkeng, nangka dan jambu, penanaman seperti ini pengalaman sebagai wisata edukasi pertanian, apalagi saat ini belum ada kebun buah-buahan

"dan kami yakin dengan dukungan dari semua pihak, untuk penanaman kebun buah ini, apalagi  dikelola masing-masing warga akan lebih baik tentunya,"ucap Ujang Ruhyadi. 


Ujang Ruhyadi yang sering disapa Apih ujang, juga menyebutkan dukungan semua pihak di perlukan, karena pengembangan sebagai wisata edukasi pertanian akan membantu meningkatkan kesejahteraan warga, dan adapun pengelolaan nantinya, akan di arahkan lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

 

"Nah… kebun buah alpukat miki dan beberapa macam buah-buahan ini, perlu dikelola dengan matang agar potensinya juga terangkat,"Kata Ujang Ruhyadi.

 

Berbagai inovasi dan pengembangan pun perlu dilakukan, Desa Cileuksa Kecamatan Sukajaya bisa jadi maju dan mandiri dengan pengembangan potensi ini,”pungkasnya. (Edoy)

Dilihat