Ticker

6/recent/ticker-posts

KEPALA BPKD : SOAL PINJAMAN SOLUSI TERCEPAT UNTUK ATASI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KAB.MAMASA.

     KEPALA BPKD  HERY

KABARPOSNEWS.CO.ID - SULBAR KAB.MAMASA Pemerintah Kabupaten Mamasa melalui Bank Sulselbar Cabang Mamasa mengajukan permohonan Pinjaman Daerah dalam rangka mempercepat pembayaran Sertifikasi Guru, Siltap Aparat desa dan tenaga kesehatan.Selasa (30/01/24)

Kepala BPKD Mamasa Herry mengatakan bahwa dalam APBD Tahun Anggaran 2024 pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran untuk membayar sertifikasi guru, siltap aparat desa dan nakes yang tertunda pembayarannya di tahun 2023.  Kami juga telah menyiapkan skema pembayaran-pembayaran tersebut yang disesuaikan dengan transfer TKD oleh pemerintah pusat dan telah kami paparkan kepada kemendagri, kemenkeu dan kementerian pendidikan.

Lebih lanjut Herry mengatakan maraknya aksi-aksi penyampaian aspirasi oleh guru-guru dan aparat desa yang dilakukan berulang-ulang yang dapat mengganggu stabilitas penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Mamasa. Untuk itu Bapak Pj Bupati Mamasa memerintahkan kami untuk melakukan upaya-upaya percepatan untuk menyelesaikan pembayaran tersebut.

Dengan kondisi transfer yang bertahap oleh pemerintah pusat dan sisa lebih pembayaran tahun 2023 telah digunakan untuk membayar sebagian sertifikasi guru maka salah satu upaya yang dilakukan adalah pinjaman daerah melalui Bank Sulselbar.  Dengan adanya pinjaman daerah tersebut maka pemerintah daerah juga menyiapkan pembayaran bunga dan biaya administrasi.  Dalam APBD tahun 2024 kami akan menyiapkan pembayaran bunga tersebut tanpa mengganggu belanja-belanja wajib dalam APBD Tahun 2024.  Kami juga mendapat pembagian deviden dari penyertaan modal di Bank Sulselbar yang dapat kami pakai untuk membayar bunga pinjaman tersebut.

Selanjutnya Herry mengatakan bahwa Bapak Pj Bupati melakukan upaya pinjaman daerah dalam rangka percepatan pembayaran sertifikasi guru, siltap desa dan nakes sehingga mereka tidak kembali melakukan aksi-aksi yang dapat mengganggu stabilitas penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Mamasa dan juga menjaga stabilitas mengahadapi Pileg dan Pilpres tanggal 14 Februari 2024.  Pj Bupati juga berkomitmen untuk memperhatikan kesejahteraan guru-guru, aparat desa, nakes, ASN dan seluruh masyarakat Kabupaten Mamasa.

Progres pinjaman daerah sekarang dalam proses pengusulan ke Bank Sulselbar.  Perhitungan dilakukan secara cermat dengan memperhatikan nilai untuk pembayaran sertifikasi guru, siltap aparat desa dan nakes. Setelah pinjaman terealisasi akan dilakukan pembayaran secara transparan kepada masyarakat Kab. Mamasa.

Editor Redaksi
Sumber Pemkab Mamasa

Dilihat