Ticker

6/recent/ticker-posts

Ivan : Jangan Ada Aktivitas Kerumunan Warga Saat Malam Tahun Baru


KABARPOSNEWS- CO.ID. Mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19, sejumlah daerah mengambil kebijakan terkait perayaan malam pergantian tahun, diantaranya Peraturan Bupati Bogor agar tidak merayakan tahun baru secara berkerumun, yang diimplementasikan ke tingkat Kecamatan dan Desa. 


Ivan Pramudya selaku Camat Dramaga menjelaskan bahwa beliau telah memberikan arahan kepada Kepala Desa yang kemudian diteruskan hingga RT dan RW, agar dalam perayaan malam tahun baru masyarakat jangan ada yang berkerumun. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dipastikan perayaan tahun baru kali ini akan diwarnai sejumlah aturan karena Indonesia masih menghadapi pandemi. Kata Ivan


Beberapa kegiatan wajib saat pergantian tahun, seperti pesta kembang api, panggung hiburan, dan lainnya, tidak akan diperbolehkan karena dapat menimbulkan kerumunan.

Menurut Ivan, ada tiga hal yang perlu dihindari oleh semua pemangku kepentingan saat libur akhir tahun yakni kerumunan, keramaian, dan pergerakan orang. 

Sebab dalam situasi seperti ini, besar kemungkinan droplets terbang ke udara dari aktivitas bersin atau batuk atau ngobrol, mengingatkan, pandemi Covid-19 masih belum selesai dan belum ada yang tahu kapan wabah akan berakhir. 

“Kita kurangi kerumunan, kita kurangi kegiatan yang mengundang keramaian dan pergerakan orang. Imbauan ini semata-mata karena pandemi Covid belum selesai. 

Pada malam tahun baru, kami unsur Muspika, bersama Anggota Polsek dan Koramil Dramaga akan melakukan sweaping pada beberapa tempat yang biasa menjadi pusat keramaian di Kecamatan Dramaga, kemudian jika masih ada warga yang berkerumun saat malam tahun baru, akan kami bubarkan, kemudian masyarakat dilarang keras membunyikan petasan pada malam pergantian tahun. Tegas Ivan

Ivan berharap Warga yang ada di Kecamatan Dramaga mengikuti Peraturan yang telah ditetapkan, agar tidak terjadi cluster baru dalam penularan Virus Corona. "Saya harap masyarakat selalu menjalankan 3M, yakni memakai masker saat beraktivitas diluar rumah, mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan". Tuturnya.

Kurniawan
Editor : Redaksi