Ticker

6/recent/ticker-posts

Walikota Bogor Dorong KNPI Terus Berkolaborasi


Kabarposnews.co.id.Wali Kota Bogor, Bima Arya menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bogor periode 2021-2024.
 
Pelantikan dilakukan oleh Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Barat, Ridwansyah Yusuf Achmad bertempat di lantai 3 Blok F Trade Center, Kota Bogor, Kamis (28/10/2021).
 
Adapun DPD KNPI Kota Bogor yang dilantik, dipimpin oleh Sapta Bela Alfaraby sebagai Ketua, Rudi Zaenudin sebagai Sekretaris dan Rivaldo Surya sebagai Bendahara.

Bima Arya mendorong agar semangat untuk berkolaborasi yang telah diinisiasi Ketua KNPI Kota Bogor sebelumnya bisa terus berlanjut. 

"Semangat apa itu? Semangat kolaborasi, itu yang paling menonjol. Ketua Bagus saat itu punya komitmen yang luar biasa untuk membuka diri, merangkul semua, berkomunikasi dengan Pemkot dan berkolaborasi dengan Pemkot. Jadi, saya titip agar semangat itu tetap dijaga," katanya.

Selain itu, pemuda harus bisa merangkul semua dan berinovasi merancang kegiatan-kegiatan kreatif yang tidak biasa.

"Saya menantang teman-teman KNPI untuk terus berinovasi, menginisiasi kegiatan-kegiatan yang kreatif, yang out of the box. Kita ingin sekali ide-ide itu datang dari teman-teman," jelasnya.

Kemudian, Bima Arya juga ingin KNPI fokus kepada pengkaderan. Sebagai wali kota yang berada di periode akhir pemerintahan, ia menginginkan Pilkada nanti diisi oleh kader-kader yang siap untuk menjadi wali kota tahun 2024 nanti.

"Tentunya saya harap nanti ada yang siap maju di Pilwalkot 2024. Siapapun itu, makanya saya dorong kemarin.  Relawan Covid-19 itu adalah sumber pengkaderan. Silahkan diambil dari situ kader-kader untuk digodok, digembleng," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor ini meminta agar semua tetap waspada meski saat ini di atas kertas kasus Covid-19 sudah melandai.

"Tapi relawan-relawan terus kita siagakan. Pada saatnya nanti mungkin akan dibutuhkan untuk diaktivasi lagi, jadi kita tetap siaga dan waspada untuk mengantisipasi kemungkinan kedepannya," ujarnya.

Terakhir ia mengapresiasi hadirnya pelayanan ambulans gratis DPD KNPI Kota Bogor. Hal ini membuktikan pemuda siap turun ke lapangan bersama-sama.

Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Barat, Ridwansyah Yusuf Achmad menuturkan,
refleksi 93 tahun Sumpah Pemuda perlu disyukuri karena ternyata masih banyak tugas-tugas kepemudaan yang perlu dijalankan. 

Selain itu kata dia, masih banyak hal-hal yang belum tuntas sesuai janji para pemuda yang mendirikan bangsa pada tahun 1928. Juga masih banyak janji-janji kemerdekaan yang belum tuntas dikerjakan oleh para penerus pahlawan-pahlawan bangsa. 

"Ini menjadi tugas kita untuk menuntaskan janji-janji kemerdekaan. Tantangan ke depan akan semakin berat, khususnya bagi para pemuda, karena jumlah Pemuda bukan lagi jumlah yang kecil," sebutnya.

Banyak yang mengatakannya dengan teori bonus demografi. Total 50 juta penduduk terdapat 15 juta pemuda dengan usia 17 sampai 40 tahun usia produktif. 

"Itu artinya KNPI wajib untuk bisa memberdayakan mereka, sehingga menantang kita semua untuk jangan sibuk dengan dapur dan internal kita sendiri, tapi ini saatnya untuk kita masuk ke masyarakat," jelasnya.

Pelantikan pengurus yang tidak dilakukan di hotel bintang 5, tetapi di pasar yang merupakan simbol jantung dari ekonomi rakyat. Dia menilai ini bukan lagi sebuah simbol, tapi merupakan aksi nyata bahwa pemuda adalah agen perubahan, pemuda adalah stok cadangan masa depan, dan pemuda adalah lokomotif untuk membuat perubahan.

Ketua KNPI Kota Bogor, Sapta Bela Alfaraby menginginkan agar anak muda harus mempunyai kreativitas dan style. Nantinya pemuda di Kota Bogor didorong aktif dalam pembangunan dalam semua sektor.

"Kami DPD KNPI Kota Bogor siap mengawal ide kreatif Pemerintah Kota Bogor," tegasnya.
Editor Redaksi