Ticker

6/recent/ticker-posts

Kontes Tanaman Hias Tingkatkan Perekonomian di Masa Pandemi

Ratusan jenis tanaman hias meramaikan kontes Piala Dedie Rachim di Pasar Tanaman Hias yang berlokasi di Minaqu Home Nature, Bogor Nirwana Residence 

Kabarposnesw.co.id - Ratusan jenis tanaman hias meramaikan kontes Piala Dedie Rachim di Pasar Tanaman Hias yang berlokasi di Minaqu Home Nature, Bogor Nirwana Residence (BNR), Sabtu (9/1/2021).

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim meninjau langsung pelaksanaan kontes, di lokasi, Dedie menerangkan, sejak diresmikan November lalu, omset para pedagang tanaman hias terlihat cukup baik. Bahkan, pendapatan para pelaku tanaman hias cukup signifikan di tengah pandemi.

Melalui acara tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memberikan peluang kepada mereka untuk berkembang dalam memasarkan produk - produk pertanian multikultural non pangan.

"Kita buat terobosan. Ada yang perlu kita cari. Kita cari kreativitas baru dan ternyata pasar tanaman hias ini peminatnya lumayan membludak," sebut Dedie.

Disamping itu, kata dia, Kota Bogor dikenal sebagai kota ilmuwan pertanian, sehingga tak sedikit orang yang datang ke Kota Bogor untuk mencari koleksi tanaman hias yang baru, khususnya koleksi tanaman hias yang sedang 'naik daun'.

"Saya pikir itu salah satu hal yang harus kita perhatikan kedepan. Bagaimana me-maintenance atau mencari kreasi - kreasi baru dari tanaman ini, sehingga para kolektor bisa terus datang ke Bogor dan memberikan kontribusi kepada perekonomian masyarakat Kota Bogor," jelasnya.

Direktur Minaqu Homeniture, Yasmin Sanad menyebut, kontes ini digelar dengan tema Piala Dedie Rachim. Sebelumnya, kontes ini direncanakan sejak Pasar Tanaman Hias dibuka 28 November yang lalu.

"Masyarakat di tengah pandemi ini sedang menggemari tanaman hias. Untuk itu kita menjembatani dengan mengadakan acara ini. Sehingga masyarakat tahu tanaman yang dia rawat, sudah masuk standar apa belum," ujar dia.

Dalam kontes tersebut, ada beberapa penilaian oleh tim juri ahli, seperti penampilan, karakter, dan kesehatan tanaman hias. Tercatat, peserta yang berpartisipasi bukan hanya dari Kota Bogor, namun juga dari luar kota.

"Pesertanya ada 114 peserta dari kalangan petani, masyarakat dan penghobi tanaman hias yang dibagi tiga kategori, yaitu kategori Anthorium, Caladium dan Simonium," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas Rasmana menyatakan kontes tanaman ini adalah kompetisi perdana. Kedepan Pemkot mencari formulasi sesuai dengan standar festival atau kontes yang lebih bagus.

"Saya akan berkolaborasi dengan Minaqu Home Nature untuk menjadi pemasok kami dan melatih masyarakat yang ingin mengembangkan dan membudidayakan tanaman hias," katanya.

Reporter : Prokompim
Editor     : Redaksi