Ticker

6/recent/ticker-posts

OPINI : Mengendus Jejak Misteri R. Budding di Hutan Belantara Gayo (Hantu Kojex Proyek Aceh)



 

Ditulis Oleh : Razikin
KABARPOSNEWS.CO.ID.OPINI.- Banda Aceh (AP)– Pasca pelantikan 16 pejabat dilingkugan pemerintah Aceh, Senin 11 Januari 2021, banyak spekulasi yang mengatakan bahwa penggantian pejabat dimaksud ada kaitan dengan urusan bisnis orang dekat orang nomor satu di Aceh.

Spekulasi itu sempat menyebut nama salah seorang pengusaha sukses sebut saja R.Budding asal dataran tinggi Gayo. Banyak kalangan menyebutkan sosok Hantu Kojex kerap mendapat proyek, namun banyak pekerjaan diduga berkualitas rendah dan banyak ada yang di jual untuk rekanan lain dengan kata lain mengambil fee.

Menurut salah seorang pengusaha permainan Hantu Kojex seprti membeli KFC“bayar dahulu baru makan” atau bayar dulu baru dapat kerjaan,proyek – proyek yang dikelola baik sumber APBK, APBA maupun APBN.

Dia juga sering di gadang – gadang berani menyuap penguasa agar memuluskan keinginannya, termasuk meminta pejabat tertentu agar bisa menjadi kepala dinas atau pejabat lainnya yang mampu mengurus bisnisnya.


 
Tak jarang juga berani memberikan hadiah rumah (grativikasi) dan asset lainnya kepada pejabat – pejabat sebagai bentuk berhutang budi padanya.


 
R.Budding hantu Kojex ini nama tokoh dibalik cerita dongeng pada cerita – cerita rakyat, walau susah dijumpai oleh banyak pihak namun namanya sangat populer ditengah – tengah para pengusaha papan atas di Aceh.

Para wartawan mencoba menelusuri serta meminta nomor hp dari kalangan dekatnya, namun tidak aktif bahkan jika dikumpullan nomor HP nya sudah puluhan nomor, namun gagal untuk dihubungi, ” Jumpa aja sulit sekali apalagi dihubungi untuk wawancara, agak misterius orang ada dicari sulit,” kata wartawan senior asal tanah Gayo.

Menurut para jurnalis, mencari dan mencoba hubungi R.Budding Hantu Kojex itu terkait banyak pekerjaan proyek asal jadi dugaan dikerjakan oleh perusahaan miliknya, bahkan berbagai temuan – temuan proyek dan dugaan memberikan upeti yang akan dikonfirmasi oleh wartawan namun gagal karena yang bersangkutan sering menghilang.

Ada beberapa pengusaha asal medan juga menyebut bahwa R.Budding Hantu Kojex ini sering menampakkan diri di Medan, Sumatra Utara, bahkan disebutkan dirinya punya asset di Medan (kafee rumah makan) bukan di Aceh. “Kalo cari pekerjaan di Aceh tapi kalau membuang – buang duit diluar Aceh,” ujar pengusaha Aceh lainnya.

Hingga sekarang jejak R.Budding Hantu Kojex ini sangat sulit dicari untuk diwawancara, bahkan ditanah kelahirannya sendiri sulit dicari namun hanya orang – orang tertentu yang bisa berjumpa dengan, selain orang lingkaran gubernur Aceh yang mudah akses, Semoga orang seperti ini tidak layak diterima di Aceh, uang Aceh banyak di raup namun kontribusi untuk masyarakat Aceh tidak ada, kata mantan pengusaha Aceh. (Misran)
Editor : Redaksi