Ticker

6/recent/ticker-posts

JAWABAN JOKOWI DENGAN KARYA

Kabarposnews.co.id.Daripada mengurusi hal yang tidak produktif, semisal membalas surat AHY atau tuduhan akan putra sulungnya Gibran yang akan segera dilantik menjadi Walikota Solo untuk maju di Pilkada DKI Jakarta, lebih baik Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Tukul, di Pacitan, Jawa Timur, kampung halamannya SBY.

“Alhamdulillah siang hari ini, Bendungan Tukul yang pengerjaannya sudah dimulai enam tahun lalu dengan biaya Rp916 miliar, hari ini sudah selesai dan siap difungsikan,” ujar Presiden Jokowi mengawali sambutannya.

Pada hari Minggu depan akan diresmikan pula Bendungan Napun Gete di NTT, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan Bendungan Sindang Heula di Provinsi Banten,” lanjutnya.
Jokowi menegaskan, bendungan tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk pengendalian banjir, mengairi sawah atau irigasi, dan juga penyediaan air baku.

“Yang di sini nanti kurang lebih 300 liter per detik dan tentu saja ini adalah untuk warganya Bapak Bupati Pacitan. Dengan kapasitas tampung 8,7 juta meter kubik bendungan ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar yaitu 600 hektare sawah sehingga meningkatkan indeks pertanaman dari biasanya 1 kali, 1 kali tanam padi dan 1 kali tanam palawija, menjadi 2 kali tanam padi dan 1 kali tanam palawija,” terangnya.

Jokowi mengharapkan, dengan berfungsinya Bendungan Tukul di Pacitan ini akan menjadi infrastruktur yang penting untuk memperkuat ketahanan pangan dan juga memperkuat ketahanan air di wilayah sekitar.

Editor : Redaksi
Reporter : Suhanta Irwanta