Ticker

6/recent/ticker-posts

OPINI : NABI KHIDIR & KERAMAT PARA WALI


Opini- Kabarpos.Tak bisa dipungkiri Khidhir adalah sosok yang misterius. Membincang seputar Khidhir, benak kita akan muncul banyak sekali pertanyaan. Mulai dari siapakah dia sebenarnya? Dari mana asal-usulnya? Apakah Khidhir Nabi atau wali? Apakah ia masih hidup hingga sekarang? Di manakah dia kalau masih hidup? Apakah para wali Allah dipertemukan dengannya? Hal ini lumrah karena banyak sekali riwayat seputar khidhir yang sampai kepada kita. Tak terhitung sudah berapa banyak buku dan ulasan terkait itu. 

Namun yang pasti, pengetahuan tentang Khidhir yang benar dan berasal dari Al-Quran adalah pertemuannya dengan Nabi Musa sebagaimana dijelaskan Allah pada QS. Al-Kahfi [18]: 62-82.

Dalam khazanah Islam, kepopuleran sosok Khidhir hampir disamai dengan kemisteriusan para wali Allah dan kisah karomahnya. Banyak sekali riwayat kekeramatan para wali, baik yang terdapat pada literatur Islam klasik hingga modern. Bentuknya pun bermacam-macam,mulai dari berjalan di atas air, menghidupkan hewan mati, berbicara dengan hewan, melipat bumi dan waktu, berada di beberapa tempat berbeda pada waktu yang sama, tunduknya hewan dan binatang buas dan masih banyak lainnya. 

Uniknya, kisah-kisah ajaib ini diriwayatkan dari jalur para ulama yang masyhur dan begitu banyak periwayatnya hingga tak mungkin disangkal.

Kehadiran buku bertajuk Nabi Khidhir dan Keramat Para Wali karya ulama Nusantara, Syekh Muhammad Mahfudz Tremas, ini mengulas secara detail ihwal kisah Khidhir dan para wali. Buku ini merupakan terjemahan dan penggabungan dari dua judul kitab legendaris yang ditulis pada abad 19, yakni Bughyatul Adzkiya fi Bahsi An Karamatil Auliya dan Inayatul Muftaqir bima yataallaq bi sayyidina Khidhir Alaihissalam. 

Buku ini menyajikan ulasan yang komprehensif seputar kisah Khidhir dan kekeramatan para wali. Riwayat-riwayatseputar Khidhir dan kekeramatan para wali diambil dari dalil-dalil Al-Quran, Hadits Nabi, Atsar Sahabat hingga kitab-kitab para ulama salaf dan khalaf. Buku ini disajikan dengan ulasan yang renyah dan logis dengan jalur sanad yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Buku ini adalah jawaban ilmiah bagi pihak-pihak yang meragukan keberadaan Khidhir dan keramat para wali.

Judul : Nabi Khidir dan Keramat Para Wali 
Dari : Syekh Muhammad Mahfudz At Tarmasi
Kata Pengantar : KH. Maimun Zubair, KH. Harir Muhammad 
Judul Asli Kitab : Bughyatul Adzkiya fi Bahts an Karomatil Auliya & Inayatul Muftaqir bi Sayyidina Khidir
Penerbit : Sahifa
Tebal : 365 halaman
Berat : 550 gram
Harga : Rp 139.000,-

Info pemesanan, Wa : 081371662013

Terima kasih 

#NabiKhidir
#KeramatParaWali