Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Dark Web atau Darknet, Sisi Gelap Internet

Dark Web sedang populer terkait kasus pencurian data pelanggan Tokopedia dan Bukalapak. Apa itu dark web?


Mengenal Dark Web atau Darknet, Sisi Gelap Internet

Dark web atau darknet adalah sebuah bagian internet yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Dark web atau darknet adalah sebuah bagian internet yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Untuk mengaksesnya, kamu memerlukan software tertentu yang bisa membuatmu anonim dan tidak dapat dilacak.

Dark web hanya bisa diakses menggunakan aplikasi Tor Browser.

Aplikasi ini awalnya tidak digunakan untuk hal-hal kontroversial, tetapi karena memberikan fasilitas pengguna anonim, identitas pengguna akan tersamarkan dan tidak diketahui.

Namun Tor Browser tidak menjamin keamanan saat membuka dark web.

Karena pada jangkauan tersebut banyak Hacker brekeliaran dan tiidak terjamah Google dengan kata lain tidak ada perlindungan jika suatu saat identitas Anda diretas.

Dark web berada di sebagian situs deep web dan biasanya berkaitan dengan aktivitas kriminal dan pasar ilegal.

Dilansir dari Wired, sebenarnya dark web muncul sebagai janji dari World Wide Web. Mereka ingin memastikan bahwa setiap orang bisa melakukan apa pun, berdiskusi tentang apa saja, tanpa takut terkena sensor. 

Karena semakin banyak negara yang melakukan sensor internet, dark web semakin berkembang dan diminati warganya.

Pengertian Dark Web

Dark web adalah bagian dari internet yang tidak banyak orang ketahui dan tidak sebersih internet yang selalu kita gunakan.

Terdiri dari sekumpulan situs internet yang hadir di jaringan rahasia dan tidak bisa ditemukan oleh mesin pencari tradisional seperti Google.

Berikut ini pengertian Dark Web dari Wikipedia dan Investopedia.

Web gelap adalah konten World Wide Web yang ada di darknets, jaringan overlay yang menggunakan Internet tetapi memerlukan perangkat lunak khusus, konfigurasi, atau otorisasi untuk mengakses.

(The dark web is the World Wide Web content that exists on darknets, overlay networks that use the Internet but require specific software, configurations, or authorization to access).

Web gelap mengacu pada konten online terenkripsi yang tidak diindeks oleh mesin pencari konvensional. Terkadang, web gelap juga disebut jaring gelap. Web gelap adalah komponen web dalam yang menggambarkan luasnya konten yang tidak muncul melalui aktivitas penelusuran Internet biasa.

(The dark web refers to encrypted online content that is not indexed by conventional search engines. Sometimes, the dark web is also called the dark net. The dark web is a component of the deep web that describes the wider breadth of content that does not appear through regular Internet browsing activities).

Bahaya Membuka Dark Web

Dikutip dari CSO Online, Dark web memiliki definisi sebagai bagian dari internet yang tidak terindeks dalam mesin pencarian. Karena itu, aksesnya harus menggunakan Tor browser.

Sisi kelam dari dark web bisa membuat seseorang membeli data diri seseorang, nomor credit card (CC), obat-obatan, bahkan meng-hack computer milik seseorang.

Namun, tidak semuanya ilegal, dark web juga memiliki sisi legal. Misalnya, pengguna dapat bergabung dengan klub catur atau BlackBook, jejaring sosial yang digambarkan sebagai 'Facebook of Tor'.

Dark web memang banyak disalahgunakan. Studi menunjukkan bahwa 80 persen penggunaannya terkait dengan pedofilia. Ada pula orang yang menggunakannya untuk berjualan barang ilegal, konten pembunuhan, dan lain-lain.

Dark web banyak digunakan penjahat siber untuk mengumpulkan dan bertukar informasi. Sebab di sana terdapat forum underground hacking, marketplace ilegal, dan layanan lainnya.

Siapa saja bisa mengakses dark web menggunakan Tor Browser yang gratis. Browser tersebut dimodifikasi oleh Firefox sehingga mendapatkan extension untuk privasi dan keamanan.

Dark web memang menggunakan enkripsi dan extension yang bisa meningkatkan privasi dan keamanan pengaksesnya. Namun bukan berarti kamu akan terproteksi sepenuhnya. Ingat bahwa di sana banyak hacker yang berkeliaran!

Berani membuka Dark Web?

Dilihat