Ticker

6/recent/ticker-posts

RAPAT SATGAS PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN TOLITOLI HASILKAN SEJUMLAH KEPUTUSAN


KABARPOSNEWS.CO.ID - TOLITOLI - Sejumlah kesepakatan  diputuskan dalam rapat  Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli yang dilaksanakan pada Rabu malam (21/10) di Aula Wisma Daerah Bale Tau Dako Lipu (Kompleks Rujab Bupati). Rapat dipimpin oleh Bupati Tolitoli Hi. Moh Saleh Bantilan, SH.,MH selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 didampingi Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos selaku Sekretaris Satgas. 
Salah satu kesepakatan Rapat, bahwa mulai tanggal 26 Oktober 2020, pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Kabupaten Tolitoli melalui jalur laut dari Pulau Kalimantan cukup hanya membawa keterangan non reaktif hasil Rapid Test. 

Hal itu juga didasarkan pada Surat Edaran Gubernur Sulawesi Tengah nomor 440/570/Dis. Kes tanggal 21 Oktober 2020 yang salah satu poinnya ditegaskan bahwa pelaku perjalanan dari luar daerah yang masuk di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah wajib menunjukkan hasil Rapid Test yang mulai berlaku tanggal 26 Oktober 2020. Dalam Rapat tersebut juga disepakati bahwa untuk penyelenggaraan acara berupa pertemuan yang diselenggarakan oleh organisasi pemerintah, organisasi sosial dan politik maupun acara hajatan yang melibatkan banyak orang terlebih dahulu harus memperoleh rekomendasi dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten bagi kegiatan tingkat Kabupaten dan dari Satgas Kecamatan dan Desa bagi kegiatan yang dilaksanakan di tingkat Kecamatan dan Desa. Bila tidak ada rekomendasi dimaksud maka Satgas dapat membubarkan acara.

Hal lain yang juga diputuskan adalah perangkat daerah yang ditugaskan untuk menangani bila ada kasus Covid yang meninggal dunia yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mokopido yang mengurus jenazah, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang menyiapkan lokasi pekuburannya, Satuan Polisi Pamong Praja yang melakukan pemakaman dan Dinas Kesehatan yang menyiapkan alat pelindung diri (APD). 

Reporter : *SARNI HASAN*
Foto ; *F A I Z A L*
(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)
Editor : Redaksi