Ticker

6/recent/ticker-posts

Bimtek CHSE Ekonomi Kreatif, Pelaku Usaha Diminta Terapkan Protokol Kesehatan


KABARPOSNEWS.CO.ID.KOTA BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment) Ekonomi Kreatif di Hotel Amaaroosa Kota Bogor, Jumat (27/11/2020).
 
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim yang membuka acara menuturkan, panduan penerapan protokol kesehatan CHSE yang disusun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dapat menggeliatkan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata.

“Jadi, dengan bimtek CHSE ini diharapkan pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata tetap berjalan di tengah pandemi. Tidak mungkin kita menghentikan seluruh kegiatan ekonomi karena pandemi, sementara kita secara teknis membutuhkan pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Menurut Dedie apa yang dilakukan pemerintah saat ini bagian dari upaya memulihkan sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19. Untuk itu diperlukan persiapan penerapan protokol kesehatan yang baik berbasis CHSE.

“Penerapan protokol kesehatan ini harus benar-benar dicermati dengan baik, terutama oleh para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif,” jelasnya.

Dengan adanya bimbingan ini dari para narasumber mengenai bagaimana menyelaraskan antara penerapan protokol kesehatan dengan pelaksanaan kegiatan keseharian di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif

"Tentunya yang aman dan produktif," jelas Dedie.

Di tempat yang sama, Kabid Ekonomi Kreatif Disparbud Kota Bogor, Marissa menjelaskan, pelaku ekonomi kreatif merupakan salah satu penunjang pariwisata. 

“Jadi mereka (pelaku ekonomi kreatif) harus benar-benar menyiapkan protokol kesehatan sesuai dengan standar dan CHSE. CHSE ini ujungnya adalah penjamin wisatawan agar bisa tetap aman dan nyaman,” jelasnya.

Jika dikaitkan dengan pemulihan ekonomi nasional menurut Marissa, tentu saja pelaku ekonomi kreatif juga harus bangkit. 

“Antara ekonomi dan kesehatan harus imbang. Jadi tidak hanya di kesehatan saja tetapi produktivitas ekonomi harus berjalan,” jelasnya. 

Di bimtek CHSE ini Disparbud Kota Bogor mengajak anggota forum orang-orang kreatif Bogor atau yang dinamakan REKA (Rembug Kreatif). (Prokompim)
Editor : Redaksi

Dilihat