Ticker

6/recent/ticker-posts

Staf Khusus Millenial Presiden RI Support Rencana Penegerian Politeknik Aceh Selatan


Kabarposnesw.co.id - Dalam rangka lawatannya ke Provinsi Aceh, setelah sebelumnya mengunjungi Universitas Teuku Umar Meulaboh, Billy Mambrasar turut mengunjungi Politeknik Aceh Selatan di Tapaktuan, Kamis,  18/2/2021.

Kunjungan Billy bersama tim asistennya ke negeri pala, disambut langsung oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran dengan jamuan makan siang di pendopo Bupati. Agenda makan siang bersama tersebut diwarnai temu ramah dan diskusi sekaligus menyerap aspirasi pembangunan yang di sampaikan oleh berbagai kepala daerah atau perwakilan di Wilayah Pantai Barat Selatan Aceh. 

Turut hadir dan menyampaikan aspirasi Bupati Aceh Barat Daya, Akmal Ibrahim, SH, perwakilan Kabupaten Aceh Jaya, kabupaten Nagan Raya, Kota Subulussalam, dan Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc.

Direktur Poltas, Dr. Yasar dalam pemaparannya menyampaikan bahwa Wilayah Pantai Barat Selatan Aceh ini merupakan masa depan Aceh. Kemajuannya turut dipengaruhi oleh keberadaan dua kampus yang dibanggakan yaitu Universitas Teuku Umar dan Politeknik Aceh Selatan. 

Menurutnya manfaat kehadiran kedua kampus ini, khususnya Politeknik, turut memberi andil terhadap penurunan angka pengangguran terbuka khususnya di kabupaten Aceh Selatan. Poltas pula menjadi andalan pemerintah kabupaten dalam hal pengembangan teknologi dan inovasi. Ini terbukti dari peran Poltas dengan inovasi-inovasinya terutama dalam menghadapi masa pandemi seperti teknologi bilik seterilisasi, aplikasi pantau covid berbasis Android, hingga aplikasi belanja online yang mampu membantu ratusan UMKM di Aceh Selatan. 

Untuk itu, Yasar mengharapkan ada perhatian khusus dari pemerintah pusat terutama terkait cita-cita dan harapan masyarakat untuk menaikkan status Poltas dari swasta milik pemkab menjadi Politeknik Negeri sebagaimana turut disampaikan sebelumnya oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran. 

Dalam merespon pemaparan ini, Billy sangat antusias dengan capaian-capaian Poltas terutama dari segi inovasinya. Billy sempat memberi penekanan terhadap aplikasi pantau covid yang harusnya bisa dimanfaatkan secara nasional. Billy berjanji siap membantu menyampaikan dan menfasilitasi keinginan pemkab Aceh Selatan untuk menegerikan kampus Poltas. 

Untuk memperkuat argumennya kepada Presiden, Staf Khusus asal Papua ini langsung mengunjungi kampus sementara Politeknik Aceh Selatan di komplek RTH Tapaktuan. Billy berkesempatan meninjau langsung workshop batu marmer Poltas yang mampu menghasilkan cenderamata terpopuler yang tembus anugerah pesona Indonesia (API) 2020  yakni rencong batu. 

Billy juga disuguhkan berbagai hasil produksi kampus yang dikelola unit inkubator bisnis Politeknik Aceh Selatan seperti: madu hutan asli Buloh Semua, Peci Situnjong motif khas Aceh Selatan, Air Banie, dan beragam produk lainnya.(*)

Editor : Redaksi

Dilihat