Ticker

6/recent/ticker-posts

Akui Lockdown Tak Efektif, Fillipina meniru Kebijakan Indonesia terkait PPKM

Kabarposnews.co.id.Setiap negara memiliki kebijakan sendiri dalam menangani lonjakan kasus Covid-19. Beberapa negara di Asia Tenggara memilih cara yang sama, yakni Lockdown.Salah satunya Filipina.

Akan tetapi, negara itu tetap kewalahan hingga kini menyerah. Filipina akan mencabut lockdown di ibu kota Manila pekan ini.

Meskipun kasus harian Covid-19 di negara itu justru naik dua kali lipat dibandingkan awal pemberlakuan lockdown. Perekonomian negara di Asia Tenggara itu dikhawatirkan semakin terpuruk  jika terus menerus menerapkan lockdown.

Sebagai gantinya, Filipina akan menguji coba lockdown lokal atau pembatasan dalam beberapa kegiatan masyarakat untuk membangkitkan kembali perekonomian.

Kabarnya, pembatasan ini nantinya mirip yang dilakukan di Indonesia seperti PSBB atau PPKM yang pernah dan sedang diberlakukan di Indonesia.

Keputusan pencabutan lockdown tersebut disampaikan juru bicara kepresidenan Filipina, Harry Roque, pada Minggu (5/9/2021).

Lebih dari 13 juta warga Manila di-lockdown sejak 6 Agustus, di tengah rekor lonjakan kasus Covid-19 yang dipicu oleh varian Delta.

Langkah untuk mencabut lockdown Manila dimulai pada Rabu (8/9/2021), justru terjadi saat kasus virus corona harian naik dua kali lipat. 

Presiden Filipina Rodrigo Duterte baru-baru ini mengatakan, negara itu tidak mampu lagi melakukan lockdown karena menghancurkan ekonomi dan membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan.

Situasi diperparah dengan hanya sekitar 19 persen dari target populasi yang sudah divaksin dosis penuh, kemudian rumah sakit terisi cepat. 

Sumber.: TRIBUNNEWS
Editor Redaksi
Terima kasih telah membaca website kami