Ticker

6/recent/ticker-posts

Warga Bojongkerta Diberi Bantuan IPAL Komunal

Kabarposnews.co.id.Puluhan warga Kampung Situ Bereum, Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor berkumpul di Gedung Laguna Bogor Lakeside, Kamis (28/10/2021). 

Mereka mendapatkan bantuan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Komisi IV DPR-RI. Bantuan langsung diserahkan secara simbolis disertai arahan pemanfaatan IPAL oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim. 

Dalam arahannya, Dedie mengatakan bahwa dengan adanya program pembangunan instalasi limbah ini, warga diharapkan semakin paham bahwa air adalah sumber kehidupan. 

"Dan bagaimana caranya supaya masyarakat itu tidak lagi membuang limbah rumah tangga, apalagi limbah yang berbahaya untuk jangan langsung dibuang ke sungai. Karena biar bagaimanapun juga, sungai itu adalah menjadi sumber kehidupan," pesan Dedie. 

Dan kemudian kata Dedie, wilayah Kota Bogor sendiri hampir 80 sampai 90 persen pemanfaatan air sungai itu untuk Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. Untuk itu dengan pembangunan IPAL ini, sungai di Kota Bogor terhindar dari pencemaran dan bisa terkelola dengan baik. 

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih, partisipasinya dan dukungannya semata - mata memang kita ingin meningkatkan indeks pembangunan manusia di Bogor Selatan. Warga Bojongkerta adalah bagian dari masyarakat Kota Bogor," sambungnya. 

Anggota Komisi IV DPR - RI, Endang Setyawati Thohari menjelaskan, bantuan ini merupakan hasil kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

"Ini pertama kalinya ada program instalasi pengelolaan air limbah atau IPAL komunal untuk umum. Program ini sangat penting bagi masyarakat di daerah perkotaan dengan pemukiman yang sangat padat atau di tepi sungai agar limbah rumah tangga kita tidak dibuang sembarangan," jelas Endang. 

Endang juga berharap, program pembangunan IPAL ini bisa dikelola dengan baik. Menurutnya, pengelolaan air limbah ini merupakan langkah pemikiran maju yang diambil oleh warga itu sendiri. 

"Bapak dan ibu - ibu yang telah berpikir panjang untuk kesehatan keluarga dan pelestarian lingkungan. Dan perlu diketahui, kita perlu memperhatikan juga kebersihan lingkungan kita," tegasnya.
Editor Redaksi