Ticker

6/recent/ticker-posts

4 GTK Di Pijay Terima Hadiah Umrah Dari Bupati.

Kabarposnesw.co.id - Sebanyak 4 orang Guru Tenaga Kependidikan (GTK) di kabupaten Pidie Jaya terima hadiah istimewa berupa ibadah umrah dengan gratis pemberian pemerintah kabupaten setempat pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-76 tahun 2021. 

Sementara 8 orang guru tenaga kependidikan (GTK) lainnya dan 6 peserta didik berprestasi juga menerima apresiasi penghargaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pidie Jaya.

Pemberian hadiah paket umrah kepada 4 GTK dimaksud diserahkan langsung oleh Bupati Pidie Jaya, H Aiyub bin Abbas, pada kegiatan Apresiasi GTK dan peserta didik tahun 2021, Jum’at (3/12/2021) di lantai III kantor Bupati setempat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pidie Jaya, Muhammad Nasir, S.Pd mengatakan, guru merupakan sosok ideal yang mempunyai peran penting dalam peningkatan kualitas pendidikan, dengan meningkatnya kualitas pendidikan di suatu negara maka juga akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat di suatu bangsa, karena itu, bangsa yang besar dan maju adalah bangsa-bangsa yang memperhatikan peningkatan kualitas guru-guru yang ada di negara nya.
Dikatakan Muhammad Nasir, di masa pandemi covid-19 guru tentunya memiliki banyak tantangan, sehingga dituntut harus mampu menunjukkan inovasi dan kreatifitasnya dalam upaya membimbing dan mencerdaskan sejumlah peserta didik yang ada di lingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Pidie Jaya, dalam usaha memajukan bidang pendidikan di kabupaten Pidie Jaya, diperlukan keseriusan untuk membenahi seluruh elemen pendidikan terutama adalah guru dan juga tenaga kependidikan, sehingga dengan demikian juga akan melahirkan para peserta didik yang mampu bersaing dan berprestasi.

Lebih lanjut, Muhammad Nasir menyebutkan, Pemerintah Pidie Jaya sangat serius dalam menangani masalah pendidikan, terutama dalam peningkatan kualitas guru dan tenaga kependidikan yang ada di kabupaten setempat, pada tahun 2021, dimana pihak nya telah membuat banyak pelatihan-pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas guru dan tenaga kependidikan, meliputi pelatihan praktikum khususnya bagi guru IPA, pelatihan TIK( mengingat di masa pandemi guru harus cakap teknologi), kegiatan KKG dan MGMP kini sedang berlangsung, dan kedepannya akan diagendakan kegiatan pelatihan bagi tenaga kepustakaan yang ada di sekolah.

Sementara pemberian penghargaan berupa piagam dan plakat kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang inspiratif tersebut merupakan salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah atas prestasi, kinerja yang dihasilkan,  Sehingga juga berimbas kepada peserta didik yang meraih prestasi gemilang sampai ke tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diharapkan dapat lebih memotivasi dan meningkatkan profesionalisme guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan nasional khususnya di Kabupaten Pidie Jaya. 

“Saya minta semua tenaga pendidik supaya bersinergis memberikan pendidikan yang berkualitas kepada anak didik. Pertahankan prestasi yang sudah diraih, dan terus capai berprestasi lainnya demi mengaharumkan nama Pidie Jaya sampai ke tingkat nasional,”, Harap Muhammad Nasir.

Bupati Pidie Jaya, H Aiyub bin Abbas yang biasa disapa Abua, dalam arahan singkatnya memberikan apresiasi serta mengungkapkan kebanggaannya kepada para guru tenaga kependidikan (GTK) dan siswa berprestasi yang telah mengharumkan nama kabupaten yang ia pimpin,baik itu prestasi di tingkat Provinsi Aceh bahkan prestasi di tingkat Nasional,” Ucap Abua.
“Dengan kebanggan ini, kami juga berkeinginan khusus untuk lembaga pendidikan membuat seragam khas Pidie Jaya yang dipakai hari Jum’at oleh guru dan siswa, mari ciptakan desain baju khas Pidie Jaya dengan warna sesuai dengan logo “Peugah Lagee But, Peubut Lagee Na” dan modelnya sesuai syariat.”,ajak Abuwa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, wakil bupati Pidie Jaya, Dr.H.Said Mulyadi, M.Si, Asisiten II, Bahrom Bakti, Asisten III, Said Abdullah, Kepala dinas kesehatan Pidie Jaya, Edi Azwar dan Perwakilan Kemenag Pidie Jaya.

Sementara daftar penerima apresiasi guru, tenaga kependidik (GTK) yang mendapatkan apresisasi tahun 2021 terdiri dari: 9 orang dari pengawas sekolah, 2 orang Kepala Sekolah dan 1 orang Guru.

GTK yang mendapakat hadiah Umrah adalah:

1. Muhammad, S.Pd, Juara II Pengawas SD berprestasi tingkat Provinsi

2. Suryani, S.Pd, Juara II Pengawas SMP berprestasi tingkat Provinsi
 
3. Rahmadani, S.Pd, Juara I Kepala SD berprestasi tingkat Provinsi
 
4. Zahniar, S.Pd.I, Juara III Guru SMP berprestasi tingkat Provinsi

Sementara untuk 6 peserta didik berprestasi tahun 2021 yaitu:

1. Shazia Ranaditya (SD IT An Nur Pidie Jaya), Ambasador of Culture Reconnetting With Your Culture tingkat Nasional

2. Anggun Putri Sofara (SDN 1 Bandar Dua) Juara II Lomba Bercerita tingkat Provinsi Aceh

3. Nur Maffira (SMPN 2 Bandar Baru) Juara II KSN Mapel Matematika tingkat Provinsi Aceh

4. Abdul Muhfti (SMPN 1 Meurah Dua) Juara II Pekan Kebudayaan Daerah tingkat Nasional

5. Nanda Insyirah (SMAN Unggul Pidie Jaya) Peraih Medali Perak Olimpiade Bahasa Arab tingkat Nasional

6. Dini Trinanda (SMAN Unggul Pidie Jaya) Juara II Olimpiade Bahasa Arab tingkat Provinsi Aceh.

Reporter : Amri 
Editor : Redaksi