Ticker

6/recent/ticker-posts

Keluarga mahasiswa Nahdatul ulama (KMNU) IPB Bogor Bangun Pondok Pesantren Ma'had Al-Jawi


Kabarposnews.co.id Ustadz Muhammad Romli menghadiri acara Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Institut Pertanian Bogor (KMNU IPB). Peletakan batu pertama Pondok Pesantren Ma'had Jawi di Kp. Situ Leutik, Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada hari Sabtu 25 Juni 2022.

Acara yang dimulai dengan Harlah ke-15 KMNU dan Haul ke-2 al-Marhum Dr Aji Hermawan yang diketahui sebagai penggerak KMNU IPB dan menjadi inisiator pendirian Pondok Pesantren Mahasiswa Ma'had Jawi NU di IPB. Bertempat di Auditorium FMIPA IPB Bogor. 

KH Ulil Abshar Abdulla Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) menyampaikan Mauidhoh Hasanah bahwa Al-Marhum adalah seorang Mujahid Nahdlatul Ulama di IPB Bogor dan seorang Menejemen yang handal. 

"Kita kehilangan Dr. Aji Hermawan merupakan sosok Mujahid yang dengannya di IPB ini dapat diwarnai dengan amaliyah Nahdliyah, di IPB Bogor ini menggema Shalawat, Mahalul Qiyam, Mahasiswa yang bukan hanya faham Sains tetapi mereka juga beramal dengan Aswaja An-Nahdliyah," Tutur Gus Ulil Menantu Gus Mus

Mahasiswa IPB yang berkhidmat di KMNU harus dapat mengharumkan Nahdlatul Ulama, tentunya dengan keilmuan dan amaliyah Nahdliyah sehingga dapat mengukir prestasi. 

"Yang harus dimiliki mahasiswa KMNU IPB yang pertama adalah bangga dengan Jam'iyah Nahdlatul Ulama, yang kedua dapat menghubungkan Sains dengan Agama ini terkait fikroh (pemikiran yang cerdas didasari dengan aqidah Aswaja An-Nahdliyah), tentunya dengan mujahadah (bersungguh) dan riyadlah (Dzikir, Wiridan, Puasa, Tahajud), ketiga hendaknya memiliki Mazaya (keistimewaan) ber-NU dan berprestasi," Tegas Pengampu Channel Ghazalia College. 

Patut diketahui bahwa keberadaan KMNU IPB semenjak tahun 2007 ungkap Hasan Bisri  Ketua Himpunan Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU IPB) saat menyampaikan sambutannya, dan senada dengannya Fitri Hasanah selaku Pembina KMNU IPB bangga dengan segala usaha yang membuahkan hingga hari Harlah ke-15 dapat terus mewarnai Kampus IPB Bogor dengan Jam'iyah Nahdlatul Ulama. 

"Alhamdulillah ada salah satu dosen IPB yang mewakafkan lahan seluas 800 meter persegi yang akan dijadikan Pondok Pesantren Ma'had Jawi bagi mahasiswa IPB Bogor, hal ini di luar expetasi, atas ijin Allah SWT semua ada jalannya," Tutur Mbak Fitri saat sambutannya sebagai Pembina KMNU

Acara dimulai dengan Istigotsah, Dzikir, Tahlil dan Mahalul Qiyam oleh Gus Hamzah Al-Farisi lantunan ayat suci Al-Qur'an oleh Ahmad Ziyadul Haq, lagu Indonesia Raya dan Mars Yalal Wathan serta diakhiri dengan doa oleh KH Fuad Fitri Fakhrurozi selaku Mustasyar PCNU Kota Bogor. Turut hadir pada acara tersebut Ustadz Muhammad Romli Wakil Tanfidziyah PCNU Kota Bogor, Gus Turmudi Hudri Kanzus Sholawat Bogor, Camat Dramaga, KUA Dramaga, Pengurus KMNU IPB Bogor, MATAN IPB Bogor, MWCNU Dramaga, MWCNU Bogor Barat, PAC Ansor Dramaga, Para Dosen IPB. 

Reporter: Hakim hadi Waluyo
Editor Redaksi