Ticker

6/recent/ticker-posts

Puskesmas Geureudong Pase Laksanakan Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor Triwulan Ke II

Aceh Utara - Kabarposnews.co.id I UPTD Puskesmas Geureudong Pase melaksanakan kegiatan Lokakarya mini Lintas Sektor Triwulan yang ke II pada Rabu, (27/07/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Muspika Kecamatan Geureudong Pase, Para Geusyik dan Kader Posyandu diwilayah Kerja Puskesmas serta melibatkan para kepala sekolah dimulai dari TK sampai dengan Sekolah menengah Atas ( SMA) yang berlangsung di Aula Puskesmas setempat. 

Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan sinergisitas dengan para Stakeholder diwilayah Puskesmas Geureudong Pase khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan.
Dalam Sambutannya Camat Geureudong Pase Mardani, S. Sos, MSM mengatakan pentingnya kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana capaian program Puskesmas telah dijalankan dan kendala-kendala apa saja yang ada dalam mensukseskan program kesehatan yang telah diluncurkan serta mencari solusi terhadap permasalahan yang ada.

"Pada dasarnya semua program kesehatan bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan tidak untuk meresahkan masyarakat," ujarnya.
Dalam kegiatan tersebut, Pihak Puskesmas memberikan Informasi dan pengetahuan tentang penyakit yang sudah seharus nya menjadi perhatian untuk kita semua, diantaranya yaitu Hepatitis Akut, dr. Siti Fauza Fitria Menjelaskan bagaimana proses penularan penyakit ini serta cara  untuk mencegahnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan hasil capaian seluruh program yang ada di Puskesmas, dan yang menjadi perhatian pada Loka karya mini Lintas sektor kali ini adalah “STUNTING” dikarenakan kasus nya yang meningkat dibeberapa desa.

Kepala Puskesmas Geureudong Pase, NS. Jasroni. S. Kep mengatakan bahwa selama ini pihak Puskesmas telah melakukan beberapa kegiatan untuk menurunkan angka stunting diantaranya adalah memberikan konseling tentang pemberian ASI Eksklusif kepada bayi baru lahir, pemberian Imunisasi dasar Lengkap dan mensosialisasikan tentang perilaku hidup bersih dan sehat serta  sudah menyalurkan PMT untuk balita stunting yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, ditambah lagi dengan Pemberian Makanan Tambahan ( PMT ) yang berasal dari dana Desa. 

"Kami akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan derajat kesehatan diwilayah kerja puskesmas Geureudong Pase khususnya dalam menurunkan angka stunting," Ujarnya.

Dipenghujung acara dilanjutkan dengan diskusi bersama untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi dan membuat kesepakatan terhadap kelanjutan pelayanan kesehatan yang ada di UPTD Puskesmas Geureudong Pase.

Pewarta : Khairun Nisa
Editor     : Redaksi