Ticker

6/recent/ticker-posts

Meneladani Rasulullah SAW, Dalam Bersyukur

Kabarposnews.co.Id Depok- Banyak orang kebingungan rezeki dan hidupnya bermasalah. Mereka kemungkinan besar mengabaikan salah satu dari 5 hal yang sudah disebutkan dalam Al Quran.

Hal tersebut diungkapkan Ustaz Donny Amir Sagaf dalam pengajian Majelis Tahlil Balai Wartawan (MT Balwan) Kota Depok. Pengajian berlangsung Kamis, 29 September 2022 di Sekretariat Balai Wartawan Kota Depok. 

Dalam pengajian bulanan tersebut Ustaz Donny mengetengahkan tema Syukur Nikmat kepada Allah SWT. Ustaz yang kini bermukim dari Pasar Minggu, Jakarta Pusat mendasarkan pada Surat Ibrahim Ayat 7.

Perlakukan 5 Hal Ini Dengan Baik, Rezeki dan Hidupmu Akan Baik
Mengawali pengajian Ustaz Donny membahas Surat Ibrahim Ayat 7.

Terjemahan Al Quran Surat Ibrahim Ayat 7: 

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat pedih”.

Menurut Ustaz Donny menerjemahkan Ayat 7 Surat Ibrahim harus terlebih dahulu memahami apa itu rezeki. Menurutnya dalam Al Quran kata rizki disebut 123 kali. Dari jumlah itu, 8 diantaranya, menyebut rizki bukan materi secara langsung.

“Hari ini karena mengingat waktu, kita bahas 5 saja dulu,” kata Ustaz Donny.

Seseorang jika mengabaikan 5 rizki yang bukan fisik ini hidupnya akan bermasalah. 

“Kalau 5 hal ini tidak diperlakukan dengan baik, orang akan bermasalah dari sisi finansial, ketidakharmonisan rumah tangga, penyakit dan lain-lain,” cetus Ustaz Donny.

“Kenapa sakit nggak sembuh-sembuh. Padahal sudah ikhtiar sudah kesana kemarin. Sudah sholat, puasa, sudah sodakoh dan lain-lain. Coba tengok 5 hal yang mungkin diabaikan.

5 Hal Agar Rezeki dan Hidupmu Lancar, Nomor 1 Jangan Khianati Teman (Pengajian MT Balwan Depok)
M Mahfud
.
Perlakukan 5 hal ini dengan baik termasuk pengajaran Al Quran agar rezeki dan hidup lancer. Foto: M Mahfud/iNews Depok.

Kelima 5 hal yang  menuntut adab dan perlakukan yang baik tersebut adalah:

1.    Pertemanan adalah rezeki
Ustaz Donny merujuk Surat Al Baqoroh ayat 254. Dalam ayat tersebut disebutkan bahwa pertemenan adalah rezeki. Maka mengabaikan pertemanan akan diganjar dengan banyak masalah seperti rezeki yang berkurang  dan masalah lain seperti penyakit.

“Ingat jangan sekali-kali mengkhianati teman,” kata Uzataz Donny.

2.    Anak adalah rezeki
Menurut Ustaz Donny setiap anak adalah rezeki bagi orang tuanya, baik anak langsung, anak sambung maupun anak di luar nikah.

“Ingat tidak ada anak haram. Anak selalu suci, yang haram adalah perbuatan orang tuanya,” ungkap Uztaz Donny.

Rasulullah, SAW mencontohkan betapa sayangnya pada anak-anaknya sendiri maupun anak-anak sambung dari janda yang dinikahinya. Padahal pada waktu itu, orang-orang Arab memperlakukan anak dengan tidak baik. Bahkan anak perempuan banyak yang dibunuh.

“Rezeki anak itu sudah dijamin Allah SWT, maka kita harus memperlakukan anak dengan baik,” tutur Ustaz Donny.

Bahkan untuk anak yang berkebutuhan khusus, jika orang tuanya bangga sebagaimana dia bangga pada anaknya yang normal maka rezekinya akan mengalir lancar.

3.    Interaksi dengan Anak Cucu adalah Rezeki
Interaksi dengan anak cucu harus dilakukan secara intens dan baik. Secara alami, interaksi dengan anak cucu akan membuat manusia mengeluarkan hormon oksitosin yaitu hormon kebahagiaan.

“Secara sunatullah sudah begitu,” kata Ustaz Donny Amir Sagaf.

Ustaz Donny kembali mencontohkan betapa tingginya interaksi Rasulullah dengan anak dan cucunya. “Rasulullah itu senang sekali mencium anak dan cucunya meski sudah besar-besar,” tambah Ustaz Donny.

Al Quran Rezeki, Perlakukan dengan Girang

Ustaz Donny Amir Sagaf mengutip  Surat Yunus ayat 57, 58 and 59. 
Ketiga ayat tersebut menyebutkan bahwa Al Quran adalah penyembuh terhadap penyakit-penyakit. Al Quran adalah rezeki yang lebih baik dari apa yang telah dikumpulkan manusia. 

“Maka perlakukan Al Quran dengan baik,” cetus Ustaz Donny.

Salah satu adab memperlakukan Al Quran dengan baik adalah tidak menempatkan Al Quran dibawah buku atau benda lain.

“Ini adalah adab, jangan menaruh benda lain di atas Al Quran,” tutur Ustaz Donny.

Ia juga mengingatkan orang-orang yang membawa Al Quran dalam tas, kemudian orang tersebut masuk ke dalam toilet.

“Jangan bawa serta Al Quran ke dalam toilet. Hati-hati, sekali lagi ini bentuk adab kita pada Al Quran,” tegas Ustaz Donny.

5.    Pengajaran Al Quran adalah Rezeki Terbaik 
Ustaz Donny mengutip Surat Ar Rahman ayat 1 dan 2. Pengajaran Al Quran disebutkan pada ayat 2.

“Pengajaran Al Quraan disebut lebih dulu dari penciptaan manusia di ayat 3,” kata Ustaz Donny.

Maka agar rezeki dan hidup lancar maka hormati pengajaran Al Quran dengan sebaik-baiknya. “Coba perhatikan hidup orang yang menghormati pengajaran Al Quran, rezeki dan hidupnya lancar,” kata Ustaz Donny.

Salah satu bentuk menghormati pengajaran Al Quran adalah memfasilitasinya. “Coba kita lihat banyak orangtua rela membayar mahal untuk les anaknya di pendidikan umum, tetapi maunya gratis untuk pendidikan Al Quran. Apakah ini sikap menghormati pengajaran Al Quran yang baik?” tanya Ustaz Donny.

Demikian 5 hal  yang bisa menghambat rezeki jika tidak diperlakukan dengan adab yang baik. 

“Ingat agama itu punya system. Kalau dilanggar, sanksinya akan kontan,” tutup Ustaz Donny..( goes )
Editor Redaksi 

Dilihat