Ticker

6/recent/ticker-posts

Reposisi Peran Mahasiswa, Ketua Pemuda ICMI Aceh Paparkan Tri Sukses Mahasiswa

Banda Aceh_Ketua Pemuda ICMI Aceh, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc hadir memberikan Kuliah Umum bertema motivasi di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bustanul Ulum Langsa, Selasa, 27/09/2022.

Dalam ceramah berdurasi  dua jam tersebut, Yasar yang merupakan Akademisi Universitas Syiah Kuala tersebut mengulas berbagai perkembangan kondisi dunia kemahasiswaan saat ini yang menurutnya mengalami banyak degradasi terutama dari segi peran non akademik.

Menurut Yasar, istilah maha yang melekat pada sebutan mahasiswa bukanlah tanpa makna atau sekedar ucapan. Ada ekspektasi yang besar dari masyarakat kita terhadap peran mahasiswa ini. Mulai dari peran intelectual, agent of change, moral force, guardian of value, hingga iron stock.

Oleh sebab itu sebagai mahasiswa bukan hanya menjalankan tugas akademik untuk kuliah saja melainkan harus mampu memenuhi tanggung jawab sosialnya di masyarakat sesuai dengan tridarma perguruan tinggi.

Penulis Buku Agrotechnopreneurship ini juga memberi tips sukses menjadi seorang mahasiswa yang disebut dengan “trisukses mahasiswa”, yakni sukses kuliah, sukses organisasi dan sukses enterpreneur. Dan menurutnya saat mahasiswa adalah saat yang tepat untuk memperbaiki curriculum vitae. 
“Jadi pastikan adek-adek perbanyak aktivitas selama kuliah dengan berbagai kreasi dan inovasi, karena itu sangat menstimulus kesuksesan di masa depan” pungkas Yasar.

Sementara Direktur STIKes Bustanul Ulum Langsa, Risnati Malinda, S.ST., M.Keb dalam sambutannya menyebutkan bahwa perlu adanya keseimbangan penguasaan antara hard skill dan soft skill bagi mahasiswa. Oleh sebab itu pihaknya berharap mahasiswa baru dapat memperoleh hal tersebut selama berkuliah di STIKes Bustanul Ulum Langsa. 

Menurut Linda Kuliah Umum bersama Ketua Pemuda ICMI Aceh ini digelar dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) STIKes Bustanul Ulum Langsa. “Kami berharap kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa baru agar dapat menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif”, ujar Linda.

Selain diikuti oleh 159 orang mahasiswa baru, acara ini turut dihadiri oleh pengurus BEM dan sejumlah dosen STIKes Bustanul Ulum.

Editor Redaksi 

Dilihat